Breaking News

Resensi Film "Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan"

Lia Rahma Fauziah

Film Imperfect dibintangi oleh Jessica Mila (kiri) dan Reza Rahadian (kanan) (IMDb)

Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan merupakan film drama percintaan arahan Ernest Prakasa di bawah naungan Starvision Plus. Film ini merupakan hasil adaptasi dari novel Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya Meira Anastasia. Usai tayang perdana pada 19 Desember 2019, film ini juga ditayangkan di Netflix pada 9 Juli 2020. Dibintangi oleh Jessica Mila dan Reza Rahadian, film yang berdurasi 113 menit ini meraup respons positif, dengan nilai 7.7/10 di Internet Movie Database (IMDb).

Sinopsis

Sejak kecil Rara memiliki tubuh yang gemuk karena pada dasarnya ia memiliki hobi makan terutama makanan manis. Ia juga memiliki warna kulit cenderung coklat gelap menyerupai mendiang ayahnya. Rara bekerja di sebuah perusahaan kosmetik sebagai staf marketing. Rara memiliki seorang adik yang bernama Lulu. Penampilan fisik Rara bertolak belakang dengan sang adik. Lulu memiliki tubuh yang kurus, paras wajah yang cantik, dan kulit yang putih. Karir adiknya sebagai seorang influencer juga sangat sukses. 

Saat ayahnya meninggal, Rara sangat sedih dan merasa kehilangan karena beliaulah yang selalu mendukung hobi makannya. Debby, ibu Rara tampak lebih memperhatikan Lulu ketimbang Rara. Terkadang Rara juga ingin diperhatikan oleh ibunya seperti Lulu. Rara memakluminya karena mungkin itu terjadi karena keadaan fisiknya. Meskipun demikian, Rara tidak terlalu ambil pusing dengan penampilannya.

Di tempatnya bekerja, Rara sering mendapat perlakuan dan perkataan kurang mengenakkan dari rekan kerjanya yang memiliki penampilan lebih sempurna. Sebaliknya, kekasih Rara selalu memperlakukannya dengan baik dan tidak menghiraukan penampilannya karena ia menganggap Rara sudah sangat sempurna. Kekasih rara bernama Dika, merupakan seorang fotografer yang berwajah tampan dan berhati baik. Mereka berdua sering meluangkan waktu untuk mengajar di sebuah sekolah yang diperuntukkan bagi anak jalanan.

Suatu hari, perusahaan kosmetik tempat Rara bekerja mencari pengganti manager marketing baru. Terdapat 2 kandidat terkuat, yaitu Rara dan Marsha. Namun, Kelvin selaku direktur menyatakan bahwa perusahaannya bukan hanya sekedar membutuhkan kecerdasan, tetapi sebagai produsen kosmetik selayaknya jika memiliki staf yang berpenampilan menarik. Dari saat itu, Rara bertekad untuk mengubah penampilannya.

Dengan bantuan Lulu, Rara mulai mempercantik diri dengan cara berolahraga, melakukan waxing, hingga diet ketat. Cara itu berhasil, hanya dalam waktu satu bulan ia mampu menurunkan berat badannya hingga drastis. Ia juga mulai rajin berdandan dan mengenakan pakaian yang trendi. Perubahannya ini membuat kaget seluruh rekan kerjanya sehingga yang semula bersikap tidak baik menjadi begitu baik kepadanya. Ia juga berhasil diterima menjadi manager marketing. Perubahan itu juga dirasakan oleh Dika dan sahabat dekat Rara yang bernama Fey. Selain perubahan penampilan, mereka juga merasa bahwa sikap dan kepribadian Rara ikut berubah. Hubungan mereka dengan Rara juga semakin renggang karena Rara menjadi lebih sibuk dan jarang berinteraksi dengan mereka. Hingga suatu ketika, Rara menyadari bahwa orang yang dekat dengannya sekarang tidak setulus teman dekatnya dulu. Akhirnya, ia mulai mencoba mengembalikan sikap dan kepribadiannya seperti dulu lagi.

Ulasan

Film Imperfect ini merupakan adaptasi dari buku best seller yang berjudul Imperfect: A Journey to Self-Acceptance karya Meira Anastasia. Buku ini dirilis pada tahun 2018 lalu dan banyak menerima komentar positif dari pembaca. Pada situs Goodreads, buku ini mendapat rata-rata skor 3.77/5 karena ceritanya menarik dan mengajak kita untuk menerima diri kita apa adanya.

Film Imperfect sangat cocok ditonton oleh para kaum insecure karena dari menonton film ini kita menjadi lebih bisa menerima baik buruknya diri kita dan membuat kita menjadi lebih percaya diri. Dalam pembuatan film ini para pemeran dapat memerankan peran mereka dengan begitu totalitas, terutama Jessica Mila. Ia menaikkan berat badannya begitu banyak untuk memerankan seorang Rara. Film ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan Piala Maya pada tahun 2020, Festival Film Bandung pada tahun 2020, Festival Film Indonesia pada tahun 2020, dan PARFI Award pada akhir tahun 2020. Di dalam film ini terdapat dialog yang kurang enak didengar karena terdapat kata yang kasar.

Pesan

Dari Film Imperfect ada pesan moral yang kita dapat, yaitu bagaimana kita menerima diri kita apa adanya serta bersyukur terhadap apapun yang diciptakan Tuhan karena cantik tidak memerlukan tolok ukur.


Penyunting: Iska Rahmah Mujiddah

5 Komentar

  1. dengan membaca resensi film "imperfect" ini jadi kepingin nonton. ceritanya terlihat menarik dan seru

    BalasHapus
  2. SERU BGT FILMNYAA BACA RESENSINYA JD PENGEN REWATCH LG ­čśŹ

    BalasHapus
  3. habis baca resensi ini jadi pingin nonton film ini lagiii, pasti habis ini bakal rewatch!!

    BalasHapus
  4. Dari film ini, kita belajar bahwa harus selalu bersyukur untuk segala sesuatu yang terjadi

    BalasHapus

© Copyright 2022 - kabarbasic