Breaking News

Imbas Banjir, Saluran Air Sekitar MNI Dibenahi

Cabang saluran air yang dibangun di Masjid Nurul Ilmi (MNI) (Kabarbasic/Nazarru)

Masjid Nurul Ilmi (MNI) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (FMIPA UB) dilandang banjir pada Jumat (24/3/2023). 

Hujan lebat dituding sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir tersebut. Ketua Forum Kajian Islam (FORKALAM) FMIPA UB, Hasyimi Ulil Abshor, akrab dipanggil Ulil, memberikan keterangan terkait kronologi kejadian.

“Terjadinya cepat, pukul 14.03 teman saya (yang membantu menguras genangan air, red) masih tidak apa-apa, lalu 14.05 airnya sudah tinggi. Kemudian saya dan teman-teman FORKALAM mencoba menyelamatkan karpet yang ada di dalam,” terang Ulil.

“Hari Minggu, saya dari takmir berkomunikasi dengan pihak fakultas dan dibantu untuk me-laundry karpet,” tambahnya. 

Ulil juga menjelaskan adanya sumbatan di saluran air yang turut menyebabkan terjadinya banjir. Saluran air tersebut kemudian dibenahi dengan dibangunnya cabang untuk mencegah sumbatan.

“Di dekat gardu PLN itu (salurannya) belok kiri dan berhentinya aliran di situ. Jadi kemungkinan tersumbatnya itu di situ,” ungkap Ulil.

“Makanya ini juga dibuat saluran baru agar aliran bisa bercabang. Saya sebagai takmir juga diminta kedepannya untuk memeriksa ada atau tidaknya sumbatan ketika terjadi hujan deras. Hari Sabtu, saluran air juga sudah dibersihkan oleh tukang,” imbuhnya.

Kejadian ini bukan kali pertama. Ulil menyatakan bahwa ia mendapat informasi tentang kejadian serupa dari takmir masjid sebelumnya.

“Dengar-dengar dari cerita takmir sebelumnya, dulu pernah kejadian, karpetnya juga basah, tapi yang kemarin lebih parah,” pungkasnya.

Selaras dengan pernyataan Ulil, Wakil Dekan II FMIPA UB, Masruri, S.Si., M.Si., Ph.D, menyatakan adanya kejadian serupa sebelumnya, namun ia enggan memberikan keterangan terperinci mengenai pembangunan saluran air karena dikhawatirkan bersifat temporal dan dibutuhkan perencanaan lebih lanjut. (ndu)

2 Komentar

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB