Breaking News

Jonathan Linggadiputra, Juara Terpilih PILMAPRES Tingkat Fakultas MIPA

Jonathan Linggadiputra, juara terpilih PILMAPRES tingkat Fakultas MIPA, dalam acara Awarding PILMAPRES FMIPA UB 2023 di Gedung MIPA Center pada Selasa (21/3/2023) (Foto: Panitia PILMAPRES FMIPA UB 2023)


LPM basic FMIPA UB - Bertempat di  ruang pertemuan lantai 7 MIPA Center Universitas Brawijaya, Fakultas MIPA menyelenggarakan serangkaian kegiatan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) 2023. Kelima kandidat dari beberapa program studi memaparkan gagasan dalam bentuk presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI). 


Jonathan Linggadiputra, atau lebih akrab disapa Jo, perwakilan dari Program Studi Kimia angkatan 2020, meraih skor tertinggi dari kelima kandidat. Presentasinya tentang penelitian pengembangan biosensor ultra-sensitif yang dinamai Salvosense Biosensor mengantarkan Jo menjadi mahasiswa berprestasi terpilih dari fakultas MIPA yang akan mewakili di tingkat universitas nanti.


"PILMAPRES ini adalah ajang untuk memilih mahasiswa yang berprestasi dengan ukuran prestasi nasional maupun internasional, juga adanya pengakuan dari pihak luar akan hal tersebut," ungkap Wakil Dekan 3 FMIPA UB, Dr. Eng. Chomsin Sulistya Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D., dalam wawancaranya kepada media.


Chomsin menekankan bahwa pelaksanaan PILMAPRES tahun ini dengan hasil yang sudah diumumkan telah melalui prosedur yang mendekati kondisi ideal sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini Sistem Informasi Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Simbelmawa) dan Pendidikan Tinggi (Dikti) yang mana esensinya adalah untuk mengaktualisasi mahasiswa, memberi penghargaan, dan sebagai tiket bagi mahasiswa untuk berkembang setelah lulus dari universitas nanti.


Senada dengan hal itu, Fuad Fadhil A. selaku Ketua Pelaksana agenda PILMAPRES juga mengharapkan esensi yang cukup signifikan dari pemilihan PILMAPRES tersebut.


"Walaupun terkendala SDM dan waktu penyelenggaraan, diharap pemilihan yang ditinjau bukan hanya dari segi akademik saja, namun juga segi hubungan sosial ini, mengantarkan Jonathan selaku juara terpilih untuk mengharumkan nama MIPA di tingkat Universitas nanti," tambahnya.


Sebagai mahasiswa berprestasi terpilih dari Fakultas MIPA sendiri, Jonathan mengaku tidak mempersiapkan ajang tersebut begitu lama, karena gagasan atau ide yang dipresentasikan adalah pengembangan dan inovasi dari hasil yang ia lombakan dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).


"Capaian unggulan itu bukan hanya dicapai untuk PILMAPRES semata, namun juga untuk self development, tidak ada keunggulan khusus dari diri saya, tidak menargetkan apa yang harus dicapai, tapi lebih ke arah proses menjadi versi terbaik bagi kita," tuturnya setelah menceritakan proses seleksi PILMAPRES FMIPA UB.


Untuk menunjang seleksi di tingkat Universitas Brawijaya sendiri, Fakultas MIPA akan mempersiapkan agenda pembinaan, penyediaan fasilitas, dan dukungan moral bagi juara PILMAPRES terpilih untuk mempersiapkan diri di tingkat Universitas Brawijaya nanti.


"Kita telah membentuk tim untuk memilih mahasiswa berprestasi yang nantinya akan dibina di tingkat universitas, tetap semangat dan jangan takut berkompetisi karena tidak semua mahasiswa mempunyai kesempatan yang sama untuk mengembangkan bakat dan potensi diri," pungkas Chomsin sebagai pesan untuk juara terpilih dari ajang PILMAPRES Fakultas MIPA. (lr/rts).

2 Komentar

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB