Breaking News

MENGULIK MAKNA DI BALIK PORMABA

Pembukaan event PORMABA 2023 yang dilaksanakan di GOR Pertamina, pada Mingu (19/02/2023). (Kabarbasic/Aliya)

LPM basic FMIPA UB — Pekan Seni dan Olahraga Mahasiswa Baru (PORMABA) merupakan ajang perlombaan olahraga dan seni mahasiswa baru (read: maba) Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. Ajang yang berada di bawah naungan LOF SOBAT ini bukan hanya untuk maba, tapi juga dari maba dan oleh maba. Mulai dari panitia pelaksana hingga peserta merupakan mahasiswa baru. Menjadi salah satu ajang yang ditunggu setiap tahunnya, sebagai bentuk dibukanya pintu kompetisi selama beberapa pekan ke depan, secara resmi pembukaan PORMABA 2023 dilaksanakan pada Minggu, 19 Februari 2023. Pembukaan PORMABA ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB, di mana kontingen dari masing-masing program studi (read: prodi) berkumpul di depan Institut Atsiri. Setelah semuanya berkumpul, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan pawai menuju GOR Pertamina. Pawai ini sangat menarik, karena di depan barisan dari setiap prodi terdapat nama prodi, bendera prodi dan tentunya juga terdapat maskot dari setiap prodi. Selain itu, pawai ini juga menjadi lebih ramai dan seru ketika setiap prodi berlomba-lomba menyanyikan yel-yel mereka di sepanjang jalan menuju GOR. 

Pukul 10.14 WIB, semua kontingen sudah berada di dalam GOR, yang kemudian dilanjutkan dengan pembukaan oleh MC dan pembacaan beberapa tata tertib dan tema terkait pelaksanaan kegiatan PORMABA. Pembukaan PORMABA tahun ini diawali dengan dinyanyikannya lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Mars MIPA oleh Cientifico Choir. Bukan hanya itu, penampilan-penampilan dari LOF SOBAT pun turut meramaikan agenda tersebut, mulai dari penampilan dance hingga band tentunya dengan diikuti sorak sorai dari seluruh kontingen dan tamu undangan yang hadir. Sub agenda yang selanjutnya pun tidak kalah penting, yakni penampilan trailer dan maskot PORMABA 2023 yang menjadi inspirasi dan semangat PORMABA tahun ini. PORMABA tahun 2023 memiliki jargon “Adventure to build your attitude, lore, and encourage solidarity” dengan maskot Gallant dan Ellen. Gallant itu sendiri sebenarnya merepresentasikan mahasiswa baru yang memiliki sikap berani dan tertarik di bidang olahraga. dan Ellen sendiri menggambarkan mahasiswa baru yang semangat dan mudah beradaptasi di bidang olahraga. 

Setiap prodi dalam kegiatan PORMABA 2023 ini juga memiliki maskotnya masing-masing. Maskot-maskot itulah yang menjadi jiwa dan inspirasi dari setiap prodi untuk PORMABA 2023 ini. Sebut saja, prodi Fisika yang membuat maskot yang memakai jas hujan biru dan helm yang melambangkan astronom. Prodi Kimia menggunakan maskot buto ijo yang menggunakan face painting hijau dan jas lab. Kontingen prodi Instrumentasi juga tidak mau kalah dengan prodi lain, mereka membuat maskot yang terinspirasi dari Sparta yang menunjukan anak-anak Instrumentasi yang memiliki jiwa ksatria tidak terkalahkan. Maskot dari prodi Biologi juga mengandung filosofi yang dalam, karena mereka menggunakan maskot berupa lumba-lumba, yang menggambarkan anak Biologi meskipun hidup bersama dan menjalankan tugas bersama-sama tapi punya bagian masing-masing dan tidak dapat dibandingkan. Selain prodi-prodi yang telah disebutkan di atas, masih ada maskot lain dari prodi Teknik Geofisika, Statistika, dan Matematika yang tidak kalah keren dengan prodi-prodi lain.

Setelah pemaparan maskot dari masing-masing prodi, acara dilanjutkan dengan beberapa agenda penting seperti ikrar janji wasit dan juri serta ikrar perjanjian kontingen. Selain itu ada beberapa sambutan dari beberapa figur, seperti Ketua Pelaksana PORMABA 2023, Presiden Komisaris SOBAT, dan Presiden BEM. Penghujung acara ini membuka seluruh rangkaian PORMABA secara resmi ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden Komisaris SOBAT, Muhammad Fadliannur sebanyak tiga kali dengan didampingi oleh Presiden BEM, Agustinus Rionald Tri Darmawan. Agenda pembukan telah usai, membuka pintu kompetisi untuk seluruh mahasiswa baru dan jiwa kompetitifnya.

TETAP KUAT DAN JADILAH KSATRIA!! (yrn).


2 Komentar

  1. Akhirnya PORMABA offline, semangat dan junjung sportifitas

    BalasHapus
  2. kereenn pormaba tahun inii, semoga tahun depan lebih keren lagii

    BalasHapus

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB