Breaking News

BAZAR UMKM VAGANZA DI UB

Sumber: lib.ub.ac.id/news/bazar-umkm-vaganza-2022/

Bazar merupakan salah satu kegiatan yang secara sengaja diselenggarakan dalam jangka waktu pendek dan dapat berlangsung selama beberapa hari. Kegiatan ini dapat berupa pameran, kerajinan, makanan, dan sebagainya. Pada umumnya, uang hasil dari bazar tersebut digunakan untuk amal. Kali ini, Pemerintahan Kota Malang melalui Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (DISKOPINDAG) menggandeng Universitas Brawijaya dalam penyelenggaraan Bazar untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bazar tersebut mengambil tema “Ayo UMKM Ladub Mbois” yang memiliki tujuan untuk memulihkan kembali perekonomian melalui UMKM pasca pandemi Covid-19.

Bazar UMKM ini diadakan di gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (Sakri UB) selama 2 hari, mulai dari tanggal 27 – 28 September 2022. Event yang diadakan bazar tersebut diikuti oleh 80 tenant yang telah mengalami penyaringan kurang lebih dari 150 tenant. Event tersebut diantaranya ada Book Music, Fashion, Thrift Market, Business Project Competition dan masih banyak lagi. Selain itu, bazar ini dapat menjadi dorongan bagi mahasiswa untuk ikut serta dalam meramaikannya karena adanya tenant thrift market yang bisa menambah koleksi outfit mahasiswa untuk kuliah ataupun hanya sekadar hang out bersama teman-teman.

“Ini cara untuk kuatkan ekonomi Kota Malang pasca pandemi, mulai dari pameran bazar dan operasi pasar yang dilakukan di Kota Malang. Selain penguatan UMKM,  juga sebagai upaya inflasi yang tren naik. Bantalan sosial pun juga mulai berjalan dari tingkat daerah sampai pusat. Di sinilah peran pemerintah untuk penguatan produk lokal”, ungkap Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko yang dilansir dari kanal seru.co.id.

“UMKM adalah bagian penting dari perekonomian Indonesia, keberadaan UMKM sangat berpengaruh pada ekonomi Indonesia. Tanpa UMKM,kita  bisa bangkrut dan jasa UMKM jangan dianggap enteng, yang diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2000 antara pemerintah PT hingga lembaga perbankan harus bersinergi agar UMKM semakin berkembang”, ungkapnya dari Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB, Abdul Hakim.

Sumber: seru.co.id

Selain bazar, DISKOPINDAG Kota Malang juga melakukan pembuatan NIB. NIB atau Nomor Induk Berusaha, merupakan uji nutrisi, sertifikat halal dan pendaftaran merek untuk masyarakat yang memiliki KTP Kota Malang. Kegiatan NIB ini dilakukan tanpa memungut biaya masyarakat. Sebagai tambahan, Kota Malang memasukkan sektor UMKM dalam visi dan misi pada tahun 2018 – 2023. Kedepannya, diharapkan visi dan misi Kota Malang dapat terlaksana dan terpenuhi oleh semua stakeholder. (imdrp/af)

0 Komentar

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB