Breaking News

PKM Tematik Berakhir?

Sumber : Mahasiswa FMIPA UB


LPM basic FMIPA UB – Tercatat pada bulan Juni hingga bulan Juli 2022, mahasiswa FMIPA UB melaksanakan PKM Tematik di desa-desa yang sudah ditentukan sebelumnya. PKM Tematik ini merupakan bagian dari program kegiatan akademik yang disusun berdasarkan Renstra Pengabdian Universitas Brawijaya dengan sumber pendanaan internal maupun eksternal UB. Sementara itu, di lingkungan FMIPA UB sendiri, PKM Tematik terbagi menjadi tiga program, yaitu PKM Tematik Desa Stunting, PKM Tematik Desa Cantik, dan PKM Tematik Blitar. Sekarang, pelaksanaan PKM Tematik telah selesai, terhitung per tanggal 13 Juni-17 Juli 2022. Adapun ujian akhir dari kegiatan PKM Tematik juga telah selesai dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2022 lalu.


Berakhirnya PKM Tematik ini hanyalah sebuah formalitas, tetapi pengabdian kepada masyarakat akan terus berlanjut, meski bukan melalui kegiatan PKM Tematik. Adanya PKM Tematik itu bukan hanya bermanfaat bagi desa dan warga terkait saja, tetapi juga bagi para mahasiswa yang ikut melaksanakan kegiatan ini.


“Semoga semua kegiatan yang dilakukan bisa bermanfaat dan membawa dampak baik bagi desa dan mahasiswa. Semoga program kerja yang sudah dilakukan tetap berlanjut meskipun PKM-T sudah selesai," ujar salah seorang yang tergabung dalam  tim PKM-T Desa Stunting.


Hal ini tentu saja, selain memberikan pengalaman yang berkesan bagi mahasiswa, berakhirnya kegiatan PKM Tematik ini juga membawa perasaan sedih karena mereka harus berpisah dengan teman-teman seperjuangan dan masyarakat desa yang sering mereka jumpai saat pelaksanaan PKM Tematik. 


“Sebulan ini berkesan banget ya, bisa bertemu dengan masyarakat secara langsung dan tahu keseharian mereka serta bisa jalan-jalan naik turun tangga. Harapannya, jangkauan PKM-T bisa makin luas dan temanya makin beragam," papar tim PKM-T Desa Cantik. 


Baik tim PKM-T Desa Stunting maupun tim PKM-T Desa Cantik juga berharap agar berbagai hal yang sudah dikerjakan selama keberlangsungan kegiatan PKM Tematik, yaitu sekitar 35 hari, membawa manfaat dari berbagai aspek dan tidak berakhir sia-sia. Selebihnya, mereka berharap semoga kedepannya, hubungan dalam tim akan terus berlanjut dengan baik. 


Tentunya kegiatan PKM Tematik ini memberikan banyak sisi positif bagi mahasiswa. Tapi rangkaian akhir dari kegiatan PKM Tematik ini belum selesai karena mahasiswa harus menunggu hasil ujian mereka yang tentunya akan diumumkan secara serentak pada tanggal 29 Juli mendatang di laman website resmi FMIPA UB. (us/ra)

0 Komentar

© Copyright 2022 - kabarbasic