Breaking News

Resensi Buku: Anxiety

 Oleh: Dickna Nenden Woro

Sumber: https://theodysseyonline.com/ 

Judul buku                  : Anxiety

Penulis                         : The School of Life

Penerbit                       : School of Life Press

Tahun terbit                : 2020

Tempat terbit              : Britania Raya

Tebal buku                  : 112 halaman

ISBN                           : 978 - 1 - 912891 - 21 - 4

Tema buku                  : Psikologi 


Anxiety merupakan salah satu buku philosophy and psychological terbitan The School of Life. Buku ini diterbitkan dengan hardcover dan dalam bahasa Inggris yang disertai ilustrasi menarik yang berkaitan dengan pembahasan di dalamnya. Sesuai dengan judulnya, buku ini menawarkan panduan untuk pikiran kita yang cemas (ansietas). Buku ini menawarkan kita cara untuk lebih tenang, memiliki belas kasih pada diri (self-compassion), dan kesejahteraan mental (mental well-being).

Sejauh yang kita sadari, kita semua memiliki begitu banyak kecemasan yang terpendam dalam diri kita. Begitu banyak hal yang kita khawatirkan sepanjang hari, baik dalam siang maupun malam. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang terlontarkan dalam pikiran kita seperti apakah harapan kita akan menjadi kenyataan, apakah orang lain akan menyukai kita, apakah orang yang kita sayangi akan baik-baik saja, apakah kita dapat melarikan diri dari penghinaan dan kesedihan yang kita alami, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Kita terlalu sering memendam kecemasan yang ada dalam diri atau mencoba menghindari untuk melihat langsung kekhawatiran yang kita rasakan. Kita merasa malu tentang bagaimana kecemasan yang kita alami yang akhirnya membentuk perasaan terisolasi, dan bahkan meningkatkan kecemasan dalam diri. Pada dasarnya, kecemasan merupakan hal yang sangat normal. Seperti banyak hal yang mengganggu pikiran kita, hal tersebut dapat dipahami dan merupakan hal yang berada di bawah kendali kita. Kita semua berhak untuk bangun setiap hari tanpa adanya firasat atau perasaan-perasaan negatif yang mengganggu hari kita.

Buku ini memberikan panduan untuk kecemasan yang ada dalam diri kita, seperti mengapa kita merasakannya, bagaimana perasaan kita saat perasaan negatif itu menyerang, dan apa yang dapat kita lakukan saat dibawah perasaan tersebut. Buku ini membahas ansietas dengan melihat subjek dari sejumlah sudut pandang, pembawaan yang memudahkan pembaca memahami konteks bahasan, menghangatkan, dan praktis.

Buku ini memiliki kelebihan pembahasan ansietas dengan banyak sudut pandang dan keterkaitan ansietas dengan berbagai hal dalam kehidupan. Buku ini dikemas dalam kertas yang warna-warni dengan ilustrasi-ilustrasi yang mendukung, membuat buku ini lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu, buku ini menggunakan bahasa Inggris sehingga dapat memperluas kosakata bahasa Inggris kita.

Kekurangan dari buku ini yaitu sedikit dijual pada toko-toko buku di Indonesia, bahkan salah satu toko yang mana kita ketahui sebagai salah satu toko buku yang terkenal di Indonesia tidak memperjualbelikan buku ini. Tetapi buku ini dapat kita jumpai pada e-commerce yang ada di Indonesia, serta website lain yang dijual dalam mata uang dolar Amerika atau pound Inggris. Belum adanya versi terjemahan ke dalam Bahasa Indonesia mungkin menjadi salah satu kekurangan dari buku ini, karena dapat menjadi salah satu kesulitan pembaca dalam memahami isi dari buku.

Beberapa kutipan indah yang ada dalam buku ini sebagai berikut:

For all the astonishing powers of our minds, there is a critical role for knowing how to switch them off in the face of uncertainty. We should not torture ourselves with manic, insistent rumination on what cannot yet be known or commanded.”

We can't tell exactly what will have happened by next year, what the outcome of the test is going to be, who we will love, how our career will pan out or when we will die. But what we can trust is that, whatever unfolds, we will broadly be fine. Even death is endurable.”

Editor: Nazarru

1 Komentar

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB