Breaking News

Drama Korea Squid Game, Trending Topic di 83 Negara!

Sumber gambar: www.kontan.co.id

Oleh : Lailatus Sholichah


Serial drama Korea Squid Game yang telah tayang sejak 12 September bulan lalu di netflix ini telah banyak mencuri perhatian publik, terutama para pecinta drama korea. Serial tersebut mengisahkan tentang perjuangan hidup ratusan orang yang tengah terlilit utang dalam real life-nya dan mencoba membanting nasibnya dengan mengikuti game anak-anak yang menghasilkan uang milyaran won namun dengan pertaruhan nyawa mereka sendiri.

Drama korea “Squid Game” ini merupakan garapan dari sutradara Hwang Dong Hyuk yang pernah menyutradarai film “The Fortress” (2017) dan “Miss Granny” (2013), serta pernah menjadi penulis skenario film “The Collectors” (2020). Sutradara Hwang Dong Hyuk mengakui ide tersebut mulai dicetuskan sejak 10 tahun yang lalu dan mulai terealisasi pada tahun 2021. Ia terinspirasi dari permainan tradisional korea yang populer pada tahun 1970-an hingga 1980-an.

Drama yang dibintangi oleh Lee Jung Jae dan Park Hae Soo ini menjadi trending 1 dalam beberapa pekan terakhir sejak 17 September 2021. Drama yang bergenre thriller ini berhasil menduduki peringkat satu sebagai serial sering ditonton di Netflix. Ia menjadi serial yang paling top di netflix, bahkan menjadi trending topic di 83 negara. Menurut co-CEO Netflix Ted Sarandos, Squid Game diperkirakan bisa menjadi serial netflix paling populer yang pernah ada.

Squid Game sendiri merupakan seri sembilan episode yang diawali dengan diundangnya para pemain yang memiliki masalah finansial untuk mengikuti game bertahan hidup beresiko tinggi di suatu pulau terpencil yang tidak diketahui lokasinya. Lee Jung Jae yang memerani tokoh protagonis sebagai Seong Gi Hun merupakan seorang sopir yang mencuri uang dari ibunya untuk bermain judi. Ia bahkan tidak mampu membeli hadiah ulang tahun untuk putrinya. Game dimulai dengan total 456 pemain dan setiap pemainnya mempertaruhkan 100 juta untuk hidupnya sehingga hadiah total untuk seluruh permainan tersebut adalah 45,6 miliar won (sekitar 549,2 miliar). Game dimainkan dalam rentang waktu 6 hari, dimana setiap harinya pemain diwajibkan untuk mengikuti satu game yang telah dipersiapkan. Apabila gagal dalam permainan, secara otomatis pemain akan dieliminasi dengan cara dibunuh dalam permainan tersebut. Setiap ada pemain yang mati, maka nominal hadiah akan bertambah secara otomatis.

Situasi semakin pelik ketika para pemain mengajukan voting untuk membatalkan permainan tersebut karena cemasnya mereka akan hidupnya sendiri. Namun, ketika sudah dibubarkan permainannya, hampir seluruh pemain terpaksa kembali ke dalam game tersebut dengan alasan yang sama, yakni kesulitan finansial. Akhirnya game tersebut dilanjutkan kembali.

Salah satu aspek yang membuat drama ini menarik adalah karena drama ini menceritakan kehidupan korea kontemporer yang dibungkus dalam suatu cerita yang cukup relate dengan realitas kehidupan saat ini. Hal tersebut membuat penonton merasa seolah dibawa masuk ke dalam alur cerita Squid Game. Namun ada juga formula yang lebih penting dalam serial tersebut untuk memikat hati masyarakat, yakni dengan menyuguhkan plot twist atau kejutan di waktu yang tepat. Plot twist tersebut bersifat logis dan alasannya dapat diterima oleh penonton sehingga memberikan konklusi yang menimbulkan kepuasan bagi penonton terhadap pertanyaan yang belum terjawab pada episode-episode sebelumnya.

        Selain itu, fun fact dari serial Squid Game ini salah satunya berada pada warna kostum yang dipakai oleh para aktor. Para peserta mengenakan pakaian berwarna hijau, sementara manajer permainan memakai baju olahraga berwarna merah dengan topeng hitam. Kedua warna tersebut (merah dan hijau)  merupakan dua warna yang kontras dan berseberangan dalam kolom warna kontras. Penggunaan baju peserta dan manajer permainan yang sewarna dan seragam tersebut memiliki makna lambang individualitas dan kepribadian yang terhapus.


Editor: Neta Dhea Putri F.

1 Komentar

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB