Breaking News

Mahasiswa Begadang? Siapa Sih yang Ngga Pernah


Oleh: Izza Lailatul Kasanah

Kamu punya deadline 2 jam lagi? Tapi masih belum sempat bikin sitasi, atau masih mikirin jurnal untuk masukin kutipan? Tugas dikumpulin jam 7 pagi, tapi kamu masih baru buka materi. Atau sebenarnya kamu ngga ada kerjaan apapun tapi scroll sosial media sampai dini hari?

Mungkin sebagian besar remaja pasti mengalami hal tersebut, apalagi bagi mereka yang sudah masuk ke dalam dunia perkuliahan. Berbagai alasan seperti tugas yang menumpuk, banyaknya kegiatan ekstra, atau waktu pengumpulan tugas yang dirasa terlalu ‘mepet’ tak jarang membuat mahasiswa menjadi punya pola belajar night owl. Seorang night owl biasanya lebih nyaman belajar di suasana tenang mulai tengah malam hingga pagi hari pada suasana yang sunyi untuk meningkatkan fokus terhadap materi yang sedang dipelajari. Namun untuk kasus mahasiswa yang begadang untuk ngebut deadline namanya apa ya? :D

Kebiasaan begadang memiliki stigma yang buruk, karena jika dilihat dari sudut pandang kesehatan, maka banyak dampak negatif yang ditimbulkan dari kebiasaan ini. Diantaranya adalah bisa meningkatkan resiko penyakit berbahaya (misal penyakit jantung), mengurangi fokus disiang hari karena rasa kantuk, perkembangan fungsi mental yang terganggu, lebih mudah jatuh sakit, dsb. Dengan berbagai resiko tersebut, maka pada dasarnya kebiasaan ini harus dihilangkan oleh mahasiswa yang notabene memiliki seabrek aktivitas sehingga harus memiliki porsi tidur yang cukup.

Tidak dapat ditolerirnya keterlambatan pengumpulan tugas menjadi alasan kuat bagi mahasiswa untuk melakukan kebiasaan ini. Kemampuan mengatur waktu yang kurang baik juga menjadi salah satu penyebab tidak terselesaikannya tugas tanpa mengerjakannya hingga larut malam. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa kebiasaan ini akan selalu dilakukan.

Oleh karena itu, apabila terpaksa harus melakukan kebiasaan ini, maka kamu harus meperhatikan beberapa hal yang tepat untuk persiapan begadang tersebut. Dilansir dari hellosehat.com, cara begadang yang tepat adalah dengan lebih dulu menabung tidur yaitu dengan tidur siang selama 15-20 menit. Jangan lupa, ketika kamu begadang, maka gunakan juga lampu yang terang di sekitarmu agar secara biologis, tubuh tau bahwa ia sedang terjaga. Lalu mengonsumsi minuman berkofein misalnya kopi, mengonsumsi camilan tinggi protein, serta menggerakkan tubuh sesekali untuk melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh dan otak.

Walaupun sudah terbiasa melakukan begadang, namun sebisa mungkin harus menghilangkan kebiasaan tersebut jika tidak ada hal yang mendesak untuk dilakukan. Kebiasaan begadang hanya untuk bermain sosial media, games, atau sekedar menonton film haruslah dihindari dan sebisa mungkin tidur di awal waktu agar bisa melakukan aktivitas dengan lancar di pagi hari dan memiliki porsi tidur yang berkualitas.

Kalau gitu, kalian tim yang mana nih? Tim begadang nugas sampai larut atau menyelesaikan semua tugas di siang hari?

Editor: Fathul Aziz

1 Komentar

  1. ini menarik banget tulisannya. tulisannya juga bermanfaat dan menginspirasi

    BalasHapus

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB