U P D A T E

Ilham Pangestu, dari Dijauhi hingga Menginspirasi

Penulis: Iska Rahmah Mujiddah

Editor: Azka Zakia Hurulaini

        

Sumber: Dokumen Pribadi Narasumber

Halo teman-teman! Wall of Fame kali ini hadir untuk mengajak kalian mengenal lebih dekat dengan salah satu mahasiswa FMIPA UB yang memiliki segudang prestasi dan baru saja lulus dengan predikat cumlaude, yaitu Ilham Pangestu Harwoko. Sosok yang biasa dipanggil Ipang ini merupakan mahasiswa Departemen Biologi angkatan 2018 yang baru saja lulus sebagai wisudawan terbaik Fakultas MIPA dengan IP 3.89 pada wisuda periode VI tahun 2022. Berawal saat maba ia dijauhi oleh teman-temannya karena suatu kesalahpahaman, membuatnya lebih fokus menyibukan diri dan lebih gencar untuk memperluas relasi di luar kampus sebanyak-banyaknya.

Dimulai di tahun kedua perkuliahan, Ipang mulai mencoba mencari teman dari luar fakultas. Teman barunya ini memiliki hobi akademik yang sama dengannya yaitu riset dan penelitian. Dari mereka ia belajar banyak dan mereka juga yang menjadi pembimbingnya ketika dua kali mengikuti PIMNAS. Mengikuti PIMNAS merupakan pengalaman yang paling mengesankan menurutnya, karena harus berjuang selama kurang lebih 6 bulan di tengah maraknya pandemi Covid-19 saat itu. Walaupun saat itu belum rezeki untuk mendapatkan medali, tetapi riset miliknya dipublikasikan di jurnal internasional.

Pada tahun kedua juga Ipang mulai mengembangkan hobi non-akademiknya yaitu sebagai konten review dan public speaking. Dari konten review ia banyak bertemu influencer yang dulunya mereka berawal dari duta. Dari sinilah Ipang memutuskan mencoba untuk mengikuti ajang duta anti narkoba tahun 2020. Setelah mengikuti ajang tersebut ia merasa kemampuan bahasa inggris dan public speaking-nya semakin terasah dan ia semakin semangat untuk belajar lebih. Kemudian ia juga iseng untuk mencoba mendaftar penyiar radio UB dan ternyata pada saat seleksi ia dinilai bisa dan mampu. Akhirnya, ia bisa menjadi penyiar di UB radio. Kemudian pada tahun 2021 ia juga memenangkan ajang Kangmas Diajeng Kota Blitar sebagai runner up I dan tahun 2022 memenangkan Putera Puteri Batik Jatim sebagai runner up I. Dari sini ia membuktikan bahwa seorang mahasiswa MIPA juga bisa memiliki skill public speaking yang bagus, bisa meniadi orang yang luar biasa, dan bisa menjadi orang yang inspiratif.

Menorehkan prestasi di bidang akademik dan non-akademik bukanlah suatu hal yang mudah apalagi di tengah sibuknya perkuliahan. Kita harus pintar dalam mengatur strategi sejak awal. Begitu pula yang dilakukan oleh sosok yang berasal dari Blitar ini. Pada semester awal perkuliahan ia mengikuti organisasi dan kepanitiaan-kepanitiaan untuk belajar manajemen waktu dan memperbanyak relasi. Pada tahun ketiga ia fokus untuk mengembagkan passion dan mengikuti magang. Pada tahun terakhir ia fokus untuk menyelesaikan skripsi. Di tengah kesibukannya ia selalu menyempatkan untuk mereview materi kuliah agar bisa tetap mempertahankan ip semester.

         

Sumber: Dokumen Pribadi Narasumber

Ipang juga berbagi tips nih untuk kalian yang ingin aktif mengikuti kegiatan non-akademik tanpa mengabaikan akademiknya :

  • Kenali diri sendiri, karena kita sendiri yang tahu porsi diri kita seperti apa
  • Coba untuk eksplor diri lebih jauh, karena kita tidak akan pernah tahu jika kita tidak mencoba
  • Tanamkan mindset, jika hidup kita lempeng-lempeng aja berarti tidak akan membawa suatu perubahan. Seseorang yang mau maju pasti akan diterpa banyak masalah, dari masalah-masalah inilah kita akan banyak belajar. Ketika kamu sudah mendapat rintangan yang besar, coba tantang dirimu untuk jauh lebih kuat

Terakhir ia memberikan closing statement sebagai penutup wawancara. Ipang berpesan, “Jangan merasa kecewa atau marah ketika ada yang menolakmu, hal-hal yang baik itu selalu ditolak oleh orang-orang yang tidak mampu membelinya. Jadi tetap semangat jadi diri kamu dan terus menginspirasi. Saat hidup, yang paling berguna adalah bermanfaat bagi orang lain. Jadi jangan pernah berhenti untuk membagikan kebaikan dan menginspirasi kepada orang lain”.

No comments