U P D A T E

Devi Veda : Jangan Takut Keluar dari Zona Nyaman dan Terus Mencoba Hal Baru

Penulis : Lili Rohmawati

Editor : Leri Oktavia Amara

Sumber: Dokumen Pribadi Narasumber

Halo Semua! Kembali lagi dengan artikel Wall of Fame terbaru kita yang tentunya berbeda dengan Wall of Fame sebelumnya. Kali ini narasumber Wall of Fame berasal dari mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yang sosoknya akan sangat menginspirasi. Narasumber kita kali ini tengah menjalani perkuliahan di program studi Statistika, yaitu Devi Veda Amanda. Mahasiswa angkatan 2020 ini dikenal sangat aktif dan sangat produktif, baik dibidang akademik maupun non-akademik. Bukan hanya itu, Devi ini adalah seorang yang ramah dan memiliki kepribadian yang baik pula. Bagaimana teman-teman? Penasaran bukan dengan narasumber kita kali ini? Maka dari itu, mari kita simak kisah inspiratif yang bisa membangkitkan semangat dan motivasi.

Keaktifan dan keproduktifan Devi Veda dapat dilihat dari lingkup yang paling dekat dengan kita, yaitu lingkup Fakultas MIPA. Hal ini terbukti dengan beberapa organisasi yang diikuti seperti Studio Statistika, organisasi di lingkup Departemen Statistika dan Lembaga Otonomi Fakultas RITMA FMIPA UB. RITMA adalah lembaga otonomi fakultas yang berkecimpung di bidang riset dan keilmiahan. Kegiatan-kegiatan tersebut masih sangat berkesinambungan dengan minat Devi sendiri yang memang sudah tertarik dalam bidang ilmu logika seperti matematika dan ilmu kepenulisan seperti Karya Tulis Ilmiah yang tak jarang ia ikuti perlombaannya baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Di lingkup akademik sendiri, minatnya tersalurkan dengan mengikuti program asisten responsi atau praktikum di program studi Statistika, dengan kedua kegiatan tersebut dirinya bisa berbagi ilmu dan kebermanfaatan untuk adik tingkat di bawahnya.  Perlombaan kepenulisan yang pernah diikuti oleh Devi seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah PRISMA 10 yang diselenggarakan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Essay Competition Isometric 2022, Libra’s National Essay Competition (LINE) 2022, dan masih banyak lagi. Tak jarang Devi Veda berhasil mengantongi juara dalam perlombaan nya.

Selain mengikuti kegiatan internal kampus, sosok inspiratif ini juga tak kalah main dalam mengikuti kegiatan diluar kampus. Devi Veda sendiri adalah salah satu penerima Beasiswa Bank Indonesia dan tergabung dalam komunitas GenBI Malang yang berisikan mahasiswa-mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia di Universitas di wilayah Malang. GenBI sendiri merupakan singkatan dari Generasi Baru Indonesia. Komunitas yang bergerak dalam bidang pendidikan tersebut bisa dibilang komunitas yang fleksibel menurut Devi sendiri. Di dalamnya terdapat beberapa agenda dan kegiatan yang diadakan Bank Indonesia seperti webinar tentang perekonomian, penguatan soft skill seperti leadership forum dan masih banyak lagi. Di samping itu, bukan hanya materi yang didapat tapi juga self-development.

Di dalam prosesnya menjalani perkuliahan dan beberapa kegiatan yang ada, tentunya ada faktor yang memotivasi dan menjaga semangat baginya. Di dalam ceritanya, semasa SMA bisa dibilang Devi adalah seorang yang kurang aktif dalam berorganisasi. Hal inilah yang menjadi awal motivasi bagi Devi untuk tak takut memulai dan mengikuti beberapa organisasi di bangku kuliah. Dengan mengikuti kegiatan tersebut tentunya dirasa sebagai ajang untuk melatih soft skill seperti manajemen waktu, team work, dan bisa menunjang di dunia kerja nantinya. Untuk menjaga semangat sendiri, dari Devi biasanya dipengaruhi oleh dua faktor, yakni internal dan eksternal. Dari sisi internal bisa dilihat dari benefit yang nantinya kita dapat, contoh seperti mendapat juara ketika mengikuti perlombaan. Sedangkan dari sisi eksternal bisa dilihat dari lingkungan yang sportif dan mendukung dalam hal yang positif seperti semangat belajar.

Semasa perkuliahan, dirinya juga pernah yang namanya menjumpai kendala seperti rasa malas, kurang motivasi, tekanan dari sekitar yang membuat tidak nyaman, dan stuck ide. Namun hal ini tidak membuat Devi untuk terus berlarut-larut, tapi terus berusaha mengembangkan diri dan mencoba hal baru dan berani untuk keluar dari zona nyamannya. Devi selalu berusaha untuk terus belajar dan mengikuti kegiatan sesuai kapasitasnya, karena menurutnya, akademik adalah yang diutamakan dan berusaha menjalani secara balance dengan kegiatan organisasi atau kepanitiaan.


C:\Users\user\Downloads\WhatsApp Image 2023-01-19 at 00.17.00.jpeg

Sumber: Dokumentasi wawancara


Devi juga berbagi tips dan trik untuk teman-teman yang ingin berproses dan berprogres menjadi mahasiswa yang aktif dan produktif baik di bidang akademik maupun non-akademik:

  • Selalu memperkuat niat dari diri sendiri untuk menjalankan kegiatan perkuliahan.
  • Berusaha mencari teman atau relasi yang membuat diri kita berproses lebih baik lagi, sehingga dapat menjadi support system yang baik bagi kita.
  • Mengikuti organisasi yang sesuai dengan bakat dan minat.
  • Jangan pernah takut mencoba hal baru yang bisa didapatkan semasa perkuliahan.
  • Mengeksplor seluruh potensi yang ada di diri sendiri, dan pantang menyerah untuk terus belajar hal baru.

Terakhir, ia memberikan closing statement sebagai akhir dari proses wawancara. Untuk menutup sesi wawancara, Devi berpesan kepada teman-teman untuk jangan takut mencoba dan terus mencoba hal yang baik, berani untuk keluar dari zona nyaman, dan terus berproses di manapun minat kita berada.


No comments