U P D A T E

Tarik Tambang Berujung Maut

 


Kecelakaan tarik tambang Makassar membuat satu peserta tewas. Berdasarkan rekaman CCTV, peserta yang merupakan seorang wanita itu meninggal akibat hentakan tali yang sangat kencang di lokasi kejadian. Dilansir detikSulsel, acara tarik tambang IKA Unhas Sulsel di Makassar dilaksanakan pada Minggu (19/12/2022). Acara itu melibatkan 6.000 peserta. Diceritakan, kecelakaan tersebut bermula saat korban dan peserta tarik tambang lainnya sedang bersantai di tengah jalan raya setelah acara selesai.

"Kejadian pas mulai hujan. Saya kan di tengah, itu sudah selesai (acara tarik tambangnya). Rupanya (tali) tambang itu menyimpan energi (ada yang tarik setelah acara)," kata Ketua IKA Unhas Sulsel,  Moh Ramdhan Danny Pomanto, Minggu (18/12/2022).

Tiba-tiba, tali tambang berwarna putih yang berada di lokasi tertarik kencang dari arah Karebosi. Hal itu membuat sejumlah peserta kaget dan mengalihkan pandangannya ke sumber hentakan tali yang sangat kencang. Saat itu, korban yang bernama Masyita berdiri di dekat tali dan terpental setelah kakinya terkena tarikan tersebut. Korban jatuh dan terbentur barier beton yang berada di tengah jalan.

Sejumlah orang yang berada di sekitar lokasi kejadian kemudian mendekati dan berusaha menolong korban yang terkapar. Sementara sejumlah orang lainnya tampak panik dan histeris. Ketua panitia Rahmansyah mengatakan tali digulung secara manual, tidak memakai alat ataupun mesin penggulung tali. Selain itu, panitia lainnya mengatakan korban tewas karena swafoto (selfie) sambil memegang tali tambang. Ia menyebut insiden itu bukan kelalaian panitia acara.

"Peristiwa ini tidak diinginkan, bukan kelalaian panitia. Setelah itu dia main selfie-selfie ibu-ibu ini, pegang-pegang tali main selfie. Seakan-akan dia baku tarik tambang begitu. Jadi tidak ada unsur kesengajaan," kata Nursalim, salah satu panitia tarik tambang IKA Unhas Sulsel.

Namun, pernyataan itu bertolak belakang dengan rekaman CCTV di lokasi, tepatnya di perempatan Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Gunung Batu Putih, Makassar. CCTV menunjukkan Marsyita sama sekali tidak melakukan selfie saat kejadian. Korban hanya berdiri di dekat tali tambang, kemudian terpental akibat sentakan tali yang tertarik kencang. (afff/rm)

No comments