U P D A T E

BAHASA GAUL MERUSAK PESONA BAHASA INDONESIA

 Oleh: Regina Tiur Sitindaon


Di era globalisasi saat ini, banyak kalangan remaja yang menggunakan bahasa gaul dan parahnya membuat penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar semakin menurun. Saat ini, sudah terdapat beberapa variasi gaya bahasa yang digunakan di lingkungan masyarakat. Variasi bahasa tersebut muncul karena adanya perkembangan teknologi komunikasi yang berkembang sangat pesat. Misalnya ada singkatan kata, penambahan huruf terhadap kata yang sudah baku, kosakata yang diubah menjadi bahasa asing, penggabungan beberapa bahasa, penggunaan angka dalam penulisan merupakan penyimpangan dari penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar. 


Sumber: https://palu.tribunnews.com


Menurut KBBI bahasa keempat, bahasa gaul artinya “dialek Bahasa Indonesia non-formal yang digunakan komunitas tertentu atau di daerah tertentu untuk pergaulan”. Sementara kata “pergaulan” menurut KBBI adalah “perihal bergaul; kehidupan bermasyarakat; memengaruhi kepribadian”. Penggunaan bahasa gaul yang berlebihan terlebih lagi dikalangan remaja membuat prihatin bangsa ini. Para generasi muda yang diharapkan memajukan bangsa dari segala aspek, salah satunya menjaga dan mengembangkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik ternyata mulai tergeser dengan keberadaan bahasa gaul dan sudah terbiasa menggunakan bahasa gaul. 


Bahasa gaul dapat dikatakan sebagai kode-kode tertentu yang hanya dimengerti oleh segelintir orang saja. Bahasa gaul dapat mempersulit penggunaannya dalam berkomunikasi dengan orang lain dalam acara yang formal. Seiring dengan munculnya bahasa gaul dalam masyarakat banyak sekali dampak atau pengaruh yang ditimbulkan oleh bahasa gaul terhadap perkembangan Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa. Berikut ini adalah dampak positif dan negatif dari penggunaan bahasa gaul: 


Dampak positif penggunaan bahasa gaul 

  1. Remaja lebih kreatif dalam menyampaikan opini yang disampaikan 

Di masa globalisasi saat ini, penggunaan bahasa gaul yang sangat meningkat pesat membuat bahasa gaul lebih dipahami dan terkesan mudah dimengerti oleh kalangan masyarakat sehingga membuat banyak remaja menyampaikan opini dengan bahasa gaul baik itu melalui media sosial atau pun secara langsung.

  1. Dapat menimbulkan keakraban dalam berkomunikasi 

Dengan penggunaan bahasa gaul di kalangan remaja dapat menimbulkan rasa akrab dengan teman sebayanya karena berkomunikasi akan leluasa dan juga merasa lebih nyaman.


Dampak negatif penggunaan bahasa gaul

  1. Bahasa Indonesia akan tergeser oleh bahasa gaul

Generasi muda saat ini yang merupakan penerus bangsa kedepannya sudah mewajarkan dan menjadikan penggunaan bahasa gaul menjadi keseharian yang pastinya akan menggeser penggunaan Bahasa Indonesia yang dianggap kuno di mata remaja. Penggunaan bahasa gaul menyebabkan turunnya derajat Bahasa Indonesia bahkan suatu saat mengancam kepunahan Bahasa Indonesia karena semakin buruknya kemampuan berbahasa di generasi muda.

  1. Remaja menjadi kurang paham penggunaan Bahasa Indonesia yang baku 

Dengan penggunaan bahasa gaul, remaja akan sulit mengerti penggunaan bahasa yang baku karena sudah terbiasa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa gaul. 



Editor: Umi Syarifah

No comments