U P D A T E

Kegiatan PKKMB FMIPA UB Hari Kedua

        

Source: Dokumentasi Tim Liputan LPM Basic

Rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) FMIPA UB 2022 telah memasuki hari yang kedua. Seperti pada hari sebelumnya, pelaksanaan PKKMB hari kedua ini juga masih dilakukan secara hybrid dengan beberapa perwakilan dari tiap departemen yg mengikuti secara luring dan sebagian lainnya mengikuti secara daring dari rumah masing-masing.

PKKMB hari kedua dibuka dengan sambutan dari Prof. Dr. Drs. Abdul Hakim, M.Si selaku wakil Rektor 3 Bidang kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa Universitas Brawijaya, yang memberikan ucapan selamat dan semangat kepada mahasiswa baru untuk mengikuti kegiatan PKKMB FMIPA UB. Setelah menyaksikan sambutan dari bapak wakil rektor 3, agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi. Berbeda dengan hari sebelumnya dimana mahasiswa baru dibagi atas departemennya masing-masing, untuk hari kedua ini mahasiswa mendapatkan materi yang sama yaitu mulai dari kegiatan akademik, layanan perpustakaan, kegiatan kemahasiswaan, pengembangan kewirausahaan, ultksp, serta pengenalan ikatan alumni.

Materi pertama membahas mengenai kegiatan akademik dan kemahasiswaan yang sedang mengalami transisi dari daring menuju luring sehingga mengharuskan mahasiswa untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan akademik dan kemahasiswaan baik secara daring, luring maupun hybrid. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi yang kedua, yaitu sosialisasi perpustakan. Pada kesempatan ini mahasiswa baru dijelaskan mengenai layanan coworking space di perpustakaan ub, layanan pinjam buku mandiri (self service), pemaparan e-sources yg dilanggan oleh ub, panduan untuk mengakses e-sources serta pelanggaran-pelanggaran yang ada di perpustakan ub. Kegiatan-kegiatan kemahasiswaan di Fakultas MIPA UB yang menampung minat bakat, penalaran serta kesejahteraan mahasiswa guna meningkatkan mutu mahasiswa UB menjadi pokok pembahasan pada sesi penyampaian materi yang ketiga. Fakultas MIPA UB juga memfasilitasi mahasiswanya yang memiliki ketertarikan pada bidang kewirausahaan dengan diadakannya start up business FMIPA UB. Pada sesi ini, mahasiswa baru juga diajarkan tentang strategi berbisnis, cara mengembangkan ide dan menumbuhkan semangat entrepreneur dari diri tiap mahasiswa. Selain itu, pengembangan mahasiswa Fakultas MIPA UB juga berfokus pada penanganan kasus kekerasan seksual dan perundungan dengan dibentuknya ULTKSP (unit layanan terpadu kekerasan seksual dan perundungan) yang dinaungi oleh Universitas Brawijaya.

Ikatan alumni FMIPA UB menjadi wadah bagi para alumni untuk menjalin silaturahmi dengan beberapa kegiatannya seperti talkshow alumni dan dies natalis. Selain itu, terdapat data-data lulusan fmipa yang sudah memiliki posisi-posisi penting di dunia kerja, sehingga dapat memberikan pandangan untuk mahasiswa-mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja. Setelah pemaparan dari ika, dilanjutkan dengan pengenalan organisasi mahasiswa di lingkup FMIPA UB seperti BEM, DPM, Himabio, Studio Statistika, HMK, Himafis, Himatika, Cientifico Choir, LPM Basic, Sobat, Ritma, Teater Bothak Campus (TBC), dan Forkalam (Forum Kajian Islam). Materi terakhir kemudian disampaikan oleh Ahmad Syarwani yang membahas mengenai sosialisasi PKM yang diwajibkan bagi mahasiswa baru. Semua rangkaian acara PKKMB hari kedua ditutup dengan laporan kuesioner pelaksanaan PKKMB oleh wakil rektor 3, bapak Ratno Bagus Edy Wibowo S.Si M.Si Ph.D. (ana)

No comments