U P D A T E

FMIPA UNIVERSITAS BRAWIJAYA RESMI GELAR PKKMB DENGAN SISTEM HYBRID

 
Kegiatan PKKMB FMIPA Hari Pertama
Sumber : Dokumentasi Tim Liputan Basic

    Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru secara hybrid. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yang dimulai pada tanggal 20 Agustus 2022 sampai dengan 21 Agustus 2022 dan diikuti oleh sebanyak 998 mahasiswa baru dari 8 prodi.

Pada hari pertama, 20 Agustus 2022, kegiatan  dibuka dengan laporan  ketua pelaksana PKKMB FMIPA 2022, Ibu Nurjannah S.Si., M.Phil., Ph.D. yang juga merupakan Wakil Dekan I Bidang Akademik. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang untuk mahasiswa baru dan mengaharapkan agar mahasiswa baru FMIPA dapat cepat beradaptasi di lingkungan universitas. Setelah dibuka secara resmi, acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan pertama  dari Presiden BEM FMIPA UB, Ahmad Byan Kamali, yang juga menyampaikan ucapan selamat datang untuk mahasiswa baru FMIPA 2022. Selain Presiden BEM FMIPA UB, kegiatan ini juga diisi dengan sambutan dari Rektor UB, Prof. Widodo, yang menyampaikan ucapan selamat kepada mahasiswa baru dan mengaharapkan agar mahasiswa baru menggunakan kesempatan berkuliah di FMIPA UB dengan maksimal.

Pada bagian awal kegiatan ini, seluruh mahasiswa baru mengikuti penyampaian materi dari beberapa narasumber yang menyampaikan materi tentang pengenalan pimpinan fakultas dan jurusan, wawasan ke-MIPA-an, merdeka belajar, dan juga membahas tentang administrasi dan layanan akademik di FMIPA UB. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru  dengan system hybrid. Setelah materi-materi tersebut selesai, mahasiswa baru dibagi dan dipindahkan ke dalam ruang masing-masing departemen.

Mahasiswa baru dibagi ke dalam beberapa departemen, yaitu departemen biologi, kimia, fisika, matematika dan statistika. Setelah dibagi ke dalam beberapa departemen, mahasiswa diberi materi tentang pengenalan visi, misi, struktur organisasi dan fasilitas/SDM yang dimiliki oleh masing-masing departemen. Materi ini dipaparkan agar mahasiswa baru dapat menerima wawasan dan pengetahuan mengenai kehidupan kampus di masing-masing departemen. Materi selanjutnya yang disampaikan adalah tentang strategi dan cara belajar efektif di jenjang perguruan tinggi, serta etika mahasiswa. Materi ini disampaikan agar mahasiswa baru dapat mengetahui tips berkuliah dan cara pembelajaran yang efektif selama kuliah serta memberitahukan tentang tata krama berkomunikasi yang baik dengan para dosen.

Pada pukul 10:30 WIB, masing-masing departemen memaparkan materi tentang  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), di masa pandemi COVID-19. Melalui penyampaian materi ini, mahasiswa baru diharapkan dapat beradaptasi dari proses kuliah secara daring menuju kuliah luring. Materi terakhir yang disampaikan pada kegiatan PKKMB FMIPA pada hari pertama ini adalah materi tentang strategi perencanaan rencana studi laboratorium dan fungsinya, PKL, skripsi/TA dan peran dosen pembimbing akademik. Materi ini menjadi materi penutup kegiatan PKKMB FMIPA pada hari pertama, yang  kemudian ditutup dengan penutupan oleh masing-masing departemen.(yrn)

No comments