U P D A T E

Dekan FMIPA Berhasil Masuk 3 Besar dalam Pemilihan Rektor UB 2022

LPM basic FMIPA UB   Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Brawijaya Periode 2022-2027 telah mendekati rangkaian akhir. Pasalnya, Senat Akademik Universitas Brawijaya (SAU) telah menetapkan tiga calon rektor yang akan maju menuju tahap seleksi berikutnya berdasarkan hasil voting yang dilakukan di Gedung Samantha Krida pada Kamis (24/4). Ketiga calon rektor tersebut adalah Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP; Prof. Dr. Unti Ludigdo, S.E.,M.Si.,Ak dan Prof. Widodo, S.Si.,M.Si Ph.D.,Med.Sc.

Seperti yang telah diketahui, dua orang di antara enam bakal calon rektor Universitas Brawijaya yang telah ditetapkan sebelumnya berasal dari Fakultas MIPA, yakni Prof. Dr. Marjono; M.Phil yang merupakan mantan Direktur Pascasarjana dan mantan dekan FMIPA UB, serta Prof. Widodo, S.Si.,M.Si.,Ph.D.Med.Sc yang kini tercatat sebagai Dekan Fakultas MIPA. Namun, Prof. Marjono dinyatakan gugur pada tahap penyeleksian oleh Senat Akademik Fakultas.

Penyeleksian oleh Senat Akademik Universitas diawali dengan kampanye setiap bakal calon rektor, Selasa (19/4) di Gedung Samantha Krida. Prof. Widodo sendiri telah memaparkan visi, wawasan, dan minatnya di hadapan anggota SAU dan panelis lain. “Penguatan fundamental penelitian melalui pembentukan Center of Excellence dan Teaching Factory untuk meningkatan kualitas pendidikan, pengetahuan dan inovasi yang bertaraf Internasional” merupakan visi yang beliau kemukakan. Kemudian, beliau juga memaparkan minat untuk memprioritaskan pengembangan Universitas Brawijaya sebagai PTNBH, dimana terdapat 6 poin utama, yaitu Teaching Factory, Upscaling Prototype Facility, Center of Excellence, Penguatan Kapasitas Badan Usaha Universitas, Overseas Credit Earning, serta Optimasi Proses Bisnis dan Integrasi Sistem Informasi.

Berdasarkan hasil pemungutan suara, Prof. Widodo berhasil memperoleh 19 suara, yang dihadiri oleh 91 dari total 93 suara dengan 1 suara tidak sah. Ketua Senat Akademik Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Ariffin, M.S., mengatakan “Dua anggota senat lainnya tidak hadir karena sedang menjalankan ibadah umroh. Peraturan pemilihan calon rektor kali ini harus hadir secara fisik,” ujar beliau.



Dilansir dari laman pilrek.ub.ac.id, Prof. Widodo mengungkapkan “Siapa pun yang nanti terpilih untuk Universitas Brawijaya yang lebih maju dan baik,” katanya. Ketiga Calon Rektor Periode 2022-2027 ini diusulkan kepada Majelis Wali Amanat (MWA) pada 22 April dan dilakukan pemilihan pada tanggal 21 Mei 2022 mendatang. (jekr/ndpf)

No comments