U P D A T E

Peran PORMABA dalam Menguatkan Karakter Tunas-Tunas Ilmuwan FMIPA Universitas Brawijaya

Oleh: Agnia Fadillah Rahmadini

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di Universitas Brawijaya (FMIPA UB) adalah salah satu fakultas strategis yang telah melahirkan ribuan ilmuwan atau saintis, dengan menegakkan salah satu pilar Dharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian. Akan tetapi, penelitian yang dihasilkan perlu diimbangi dengan pilar berikutnya juga, yaitu Pengabdian Masyarakat.

Oleh karena itu, untuk membentuk karakter dan minat di bidang pengabdian masyarakat, maka dibutuhkan persiapan bagi para calon Ilmuwan agar memiliki karakter sportif, tanggung jawab dan kreatif serta mental keberanian setelah menyandang gelar sarjana. Harapannya, mahasiswa dapat membentuk dirinya sebagai peneliti yang memiliki karakter: Sportif, Tanggung Jawab, Kreatif, Berani sekaligus Berakhlak Mulia.

PORMABA

Dalam mempersiapkan tunas-tunas Brawijaya, FMIPA UB menyelenggarakan sistem seleksi sosial kampus melalui kompetisi Pekan Olahraga Mahasiswa Baru atau PORMABA. Penyelenggaraan PORMABA pada tahun ini mengambil berbagai jenis pertandingan, salah satunya di bidang cabang olahraga (cabor) seperti basket hingga bola voli yang diselenggarakan dengan sistem offline, yang tentunya dilaksanakan di lapangan terbuka sebagaimana lazimnya suatu pertandingan. Pertandingan dengan sistem offline akan menjadikan suasana lebih hidup dan lebih menjalin dinamika persahabatan antara seluruh mahasiswa di seluruh jurusan FMIPA UB. Interaksi di tiap jurusan pun tercipta dengan alamiah. Para dosen dan pimpinan jurusan tentu akan ikut serta dalam mendorong dan memacu tim di jurusannya agar menjadi juara dalam PORMABA ini. Hal inilah yang menjadikan suasana fakultas menjadi lebih terjalin solidaritas keluarga di jurusan masing masing.

Sumber: Instagram.com/pormaba2022

Tidak lupa juga membentuk karakter sportifitas secara alamiah, karena setiap pemenang tidak lah kemudian sombong dan merendahkan lainnya. Sedangkan yang kalah tidak lah makan hati akibat kekalahannya. Itulah hakikat sportifitas.

SENI PENYEIMBANG JIWA

PORMABA ternyata juga menyelenggarakan kompetisi di cabang seni (casen), seperti Baca Puisi dan Stand Up Comedy yang diselenggarakan secara online. Kedua cabang seni pentas tersebut merupakan ajang lomba bagi mahasiswa baru yang diyakini dapat membentuk karakter peserta dalam mengekspresikan suara hati, buah pikiran dan penafsiran kata gerak serta sudut-sudut rasa haru dan pikiran yang lucu atau jenaka.

Kreatifitas peserta dalam mengomunikasikan kepada audiens menjadi tolak ukur kemampuan aktor dan lebih jauh lagi menjadi batu lompatan baginya agar kelak menjadi aktor yang bisa mentransformasikan ilmunya kepada khalayak melalui metode edukasi yang selalu menyenangkan pihak lain. Demikianlah nilai-nilai lebih dan strategis yang dimiliki oleh PORMABA untuk menumbuhkan tunas-tunas ilmuwan di Universitas Brawijaya.


Editor: Fahmi Humam Firsada

No comments