U P D A T E

The Selfish Gene: Gugusan Teori Sosial Berdasarkan Seleksi Alam

Judul buku      : The Selfish Gene (Gen Egois)

Penulis             : Richard Dawkins

Penerbit           : KPG (Kepustakaan Populer Gramedia)

Tahun terbit     : 2017

Tebal buku      : 402 halaman

Edisi                : IV (40th Anniversary Edition /4th ed.)

ISBN               : 978-602–424–728-7

Tema buku      : Sains

Resentator       : Dickna Nenden Woro P. 

Setiap spesies makhluk hidup, beberapa imdividu meninggalkan keturunan lebih banyak ketimbang yang lain sehingga ciri-ciri warisan (gen) mereka yang sukses bereproduksi menjadi lebih banyak dalam generasi berikutnya. Hal tersebut dinamakan seleksi alam: reproduksi gen yang diferensial dan tidak acak. Seleksi alam telah membangun kita dan itulah yang harus kita pahami apabila ingin  paham tentang identitas kita. Dalam teori Darwin telah dijelaskan tentang evolusi melalui seleksi alam sangat penting bagi studi perilaku sosial (terutama jika dipadukan dengan teori genetika Mendel), tetapi nyatanya teori itu sering kali diabaikan. Dalam buku ini, Richard Dawkins berusaha menjelaskan gugusan teori sosial berdasarkan seleksi alam dan disajikan dalam bentuk sederhana.

Buku “The Selfish Gene” ini mengkaji satu demi satu tema utama dalam teori sosial: konsep altruistic dan perilaku egois, definisi genetis kepentingan pribadi, evolusi perilaku agresif, teori kekerabatan (termasuk hubungan induk-anak dan evolusi serangga sosial), teori rasio jenis kelamin, altruism timbal balik, penipuan, dan seleksi alam atas perbedaan antarjenis kelamin. Buku ini terbagi menjadi 13 bab yang saling berkaitan. Judul pada tiap bab buku ini yaitu “Mengapa Ada Manusia?”, “Replikator”, “Gulungan Kekal”, “Mesin Gen”, “agresi:Stabilitas Dan Mesin Egois”, “Pertalian Gen”, “Keluarga Berencana”, “Pertarungan Antar Generasi”, “Pertarungan Antar Jenis Kelamin”, “Kamu Garuk Punggungku, Aku Garuk Punggungmu”, “Meme: Replikator Baru”, “Orang Baik Sampai Duluan”, dan “Jangkauan Luas Gen”.  

Kelebihan buku ini sangat menarik karena dapat memaparkan hubungan gen dan teori sosial dalam kehidupan kita sebagai makhluk yang terlahir egois. Teori dalam buku ini dijelaskan oleh Dawkins dengan pemaparan ilmiah disertai dengan analogi-analoginya. Kekurangan dari buku ini yaitu banyak bahasa ilmiah yang kemungkinan sulit dipahami oleh orang awam.

 

 

No comments