U P D A T E

Layanan Konsultasi Mahasiswa FMIPA UB: Sudahkah Berjalan?

Sumber gambar: mipa.ub.ac.id

LPM basic FMIPA UB-Sejumlah layanan dan fasilitas yang terbarukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya telah dikenalkan sejak rangkaian Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru FMIPA UB tahun 2020. Salah satu layanan tersebut ialah Badan Konseling dan Pertimbangan Akademik yang diketuai oleh Darjito, S.Si., M.Si., dan diarahkan oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FMIPA UB, Ratno Bagus Edy Wibowo, S.Si., M.Si., Ph.D..

Layanan konseling FMIPA memiliki garis koordinasi langsung kepada BEM, DPM, HMJ, dan LOF. Meskipun layanan konseling ini telah berjalan lama, hingga pertengahan tahun ajaran 2021 masih banyak mahasiswa yang tidak tahu mengenai keberlanjutan fasilitas tersebut. Hal ini dibuktikan dengan kuesioner acak yang dibagikan tim basic kepada mahasiswa FMIPA UB angkatan 2019 dan 2020. Beberapa mahasiswa baru mendengar ataupun hanya mengetahui secara sekilas melalui website resmi FMIPA, media sosial, dan rangkaian PKKMF. Tim basic telah melakukan konfirmasi kepada pihak pengurus, namun hingga saat ini masih belum ada kabar lebih lanjut terkait realisasi dan evaluasi program layanan tersebut.

 Masih sehubungan dengan layanan konseling di FMIPA, program ULTKSP (Unit Layanan Terpadu Kekerasan Seksual) yang sempat diulas pada agenda AKAMI (Apa Kabar MIPA) juga mendapatkan layanan tuntutan untuk mengeluarkan Peraturan Dekan terkait pembentukan serta susunan organisasi, keanggotaan, tugas, dan wewenang pengurus konseling. Ratno,  selaku Wakil Dekan III FMIPA juga berharap agar program ini dapat terealisasi secara sistematis di lingkungan fakultas. Beliau memberikan tanggapan bahwa sosialisasi susunan pengurus belum kunjung dilakukan lantaran tengah menyempurnakan standar operasional yang akan berlaku.

Akses layanan konseling ini bisa didapatkan dari link yang akan disebarluaskan dan dikategorikan sesuai jenis permasalahan yang dialami mahasiswa FMIPA sehingga memudahkan pengurus untuk menemukan konselor yang sesuai. Hingga saat ini, konselor yang dipilih untuk membantu program layanan adalah Dr. Ns. Heni Dwi Windarwati S.Kep, M.Kep, Sp.Kep. J. yang memiliki bidang keahlian keperawatan jiwa. Mahasiswa sendiri berharap fasilitas ini dapat segera disosialisasikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa FMIPA UB (ahn/dnwr/rs).

 Editor: Ramtikainda Suryani

3 comments: