U P D A T E

FMIPA UB 2021: Tilik Kepastian Perkuliahan Luring

LPM basic | Kamis, 29/04/2021


Kegelisahan mahasiswa untuk bertatap muka dalam melantaskan kuliah kini mulai tak terbendung, baik dalam perkuliahan, praktikum, maupun kegiatan kemahasiswaan. Meski demikian, hingga saat ini hasrat tersebut masih belum tampak terpenuhi. Keputusan dan pertimbangan masih berada di ambang ketidakpastian. Sebagaimana warta yang disampaikan oleh Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc selaku Dekan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya pada awal April lalu (01/04), hingga saat ini belum ada instruksi yang pasti mengenai perkuliahan semester genap 2020/2021 baik dari pemerintah setempat maupun Rektorat.

“Sampai saat ini, saya belum mendapatkan keputusan atau instruksi untuk melakukan perkuliahan daring, biasanya kementerian akan membuat statement atau pernyataan yang sifatnya normatif, dan kemudian akan dikembalikan kepada daerah masing-masing sesuai kondisi pada daerah tersebut,terang Prof. Widodo kepada basic.

Menurut beliau, pandemi memberikan kita banyak pelajaran dan hikmah, bahwasanya masih banyak strategi yang dapat dilakukan untuk mencapai kompetensi pembelajaran yang efisien tanpa sepenuhnya daring. Begitu pula dengan kegiatan praktikum dari beberapa jurusan yang sebagaimana diketahui mulai dilaksanakan secara hybrid atau blended learning pada semester genap ini.

Selain itu, mengacu pada pemberitahuan Wakil Dekan III kepada ketua lembaga FMIPA (04/04/21), sempat diisukan bahwasanya bulan Juni ke depan akan ada vaksinasi khusus mahasiswa. Akan tetapi, saat dikonfirmasi kembali oleh pihak basic kepada Wakil Dekan III, hingga saat berita diterbitkan beliau belum memberikan tanggapan.

Terlepas dari penyelenggaraan perkuliahan dan kegiatan kemahasiswaan secara daring maupun luring, Dekan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya tetap berpesan agar mahasiswa pada masa pandemi ini dapat belajar mengubah gaya hidup, manajemen, perilaku, dan tentunya cara berpikir. Hal ini juga tidak terkecuali bagi mahasiswa organisasi. (ahn/vda)

 

 

 

 

 

 

No comments