Breaking News

Her (2013)

bsc | Rabu, 31 Maret 2021



Judul: Her

Sutradara: Spike Jonze

Penulis: Spike Jonze

Pemeran: Joaquin Phoenix, Spike Jonze, Scarlett Johansson

Durasi: 126 Menit

Genre: Drama, Romance, Sci-Fi

 

Sinopsis Film

            Theodore Twombly (Joaquin Phoenix), seorang pekerja dari sebuah perusahaan yang menyediakan jasa penulisan surat dan kartu ucapan sedang mengalami fase di mana ia hidup sendiri dan satu-satunya teman yang dapat menghiburnya hanyalah video game kesukaannya alien child (Spike Jonze). Suatu hari ia mendapatkan informasi bahwa terdapat sebuah operating system yang dapat berfungsi sebagai semacam virtual assistant namun dalam versi yang lebih “hidup”.

            Dihadapkan pada kesepian dan kekecewaan terhadap hubungan dengan istrinya yang tidak berakhir dengan baik, membuat Theodore kemudian memiliki ketertarikan akan konsep yang ditawarkan oleh OS tersebut, hingga akhirnya dia memutuskan untuk membeli dan memasangnya di komputer rumahnya.

            Samantha (Scarlett Johannsson) OS, dengan kecanggihan algoritma di dalamnya benar-benar berhasil melampaui apa yang sebelumnya dibayangkan oleh Theodore, OS tersebut sungguh kemudian memberikan kehidupan yang selama ini Theodore cari,kehidupan dengan seorang pasangan yang sangat amat mengerti akan dirinya. Samantha memang bukanlah OS biasa, sebab ia mampu untuk membuat seorang manusia seperti Theodore merasakan semacam perasaan jatuh cinta.

            Hanya saja, kembali lagi Samantha adalah OS yang dibuat dalam tujuan komersial. Suatu hari, Perasaan Theodore terhadap Samantha kian mendalam sehingga ia lalu terpikir oleh sebuah pertanyaan bahwa apakah mungkin selama ini Samantha juga memiliki hubungan dengan lelaki lain. “614”, ujar Samantha, segera setelah Theodore bertanya. Memang benar Samantha sebagai sebuah OS sangat mampu untuk menyerupai pemikiran manusia, namun ia adalah sistem yang tidak dapat berbohong. Theodore lalu sadar bahwa ia bukan satu-satunya pria yang dihibur oleh Samantha. Setelah itu dengan galaunya, kepada Samantha, Theodore mengucapkan satu kalimat yang cukup spiritual: “Aku milikmu dan aku bukan milikmu”.

            Film Her sendiri berakhir dengan plot di mana jasa dari Samantha OS kemudian dihentikan oleh suatu hal yang tidak terjelaskan. Scene penutupnya adalah saat Theodore dan mantan istrinya, Amy (Amy Adams) duduk berdua menatap langit pada suatu sore yang penuh perenungan.

 

Ulasan Film

            Berlatar pada masa di mana teknologi sudah berada dalam tingkat kecanggihan yang luar biasa, dan telah terintegrasi dengan kehidupan manusia, film Her dapat memberikan gambaran terhadap penontonnya terhadap suatu entitas robotika yang kemudian dirancang untuk seolah-olah memiliki perasaan seperti manusia yang mana di dalam film tersebut adalah Samantha. Bukan hal mustahil bahwa suatu hari, kita benar-benar akan hidup pada realitas yang sama di mana kita dapat bertemu dengan Theodore-theodore lain di jalanan sehari-hari.

            Walaupun cita rasa Sci-Fi melekat sangat kuat di dalam film Her ini, akan tetapi terdapat pesan yang cukup mendalam terkait kehidupan sebagai seorang manusia, barangkali di dalam dunia yang bergerak dengan cepat dengan segala hingar bingarnya ini kita pernah seseskali merasakan sepi yang sama dengan Theodore.

            Sosok Theodore di dalam film merupakan manifestasi dari seorang manusia dalam kehidupan modern yang mengalami masalah terhadap ruang, yang mana di satu sisi ia hidup dan dapat bekerja dengan baik dalam masyarakat namun setelah itu selalu sama, ia selalu mencari tempat untuk kembali. Dapat dibayangkan betapa sepinya hidup yang Theodore jalani sehingga ia dapat merasakan cinta bahkan terhadap suatu OS.

           

Pesan

Kemajuan teknologi memberikan efisiensi terhadap manusia untuk menuju pada kemajuan peradaban, Tentu sangatlah berbeda cara manusia hidup saat ini dibandingkan dengan puluhan tahun yang lalu. Pun oleh karena itu, kemajuan teknologi membutuhkan kesadaran dari kita sebagai manusia untuk terus menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan sosial yang terjadi di sekitar kita.


0 Komentar

© Copyright 2022 - LPM basic FMIPA UB