TERBARU

Mahasiswa Baru Dapatkan Pelajaran Berharga dari Rector Cup


EMAS : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh medali emas dalam ajang Rector Cup bidang PKM-KC. (Foto oleh hnn)


LPM basic FMIPA UB- Rector Cup Program Kreativitas Mahasiswa-Mahasiswa Baru (PKM-MABA) merupakan sebuah ajang tahunan yang diadakan oleh Universitas Brawijaya (UB) yang ditujukan kepada seluruh mahasiswa baru di Universitas Brawijaya guna meningkatkan minat bidang mahasiswa dalam bidang riset dan keilmiahan serta mencari bibit-bibit muda untuk menjadi bagian dari delegasi UB dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Setiap tahun, UB menggilir setiap fakultas untuk menjadi tuan rumah dalam ajang Rector Cup ini. Tahun ini, Fakultas Kedokteran (FK) berkesempatan untuk menjadi tuan rumah.
Rector Cup 2018 telah dilaksanakan pada hari Minggu (15/4) kemarin. Para peserta telah menjalani lomba pada pagi hari, bertempat di gedung baru Fakultas Kedokteran. Pada malam harinya, pemenang lomba tiap bidang diumumkan di Samantha Krida Universitas Brawijaya. Pengumuman lomba dilaksanakan dengan sistem per kelas bidang. Acara pengumuman pemenang Rector Cup ini tidak hanya diikuti oleh peserta Rector Cup, namun juga mahasiswa UB yang menjadi supporter untuk mendukung fakultas masing-masing.
Menghadapi ajang Rector Cup, para delegasi fakultas, khususnya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah menjalani banyak persiapan. Faulita, salah satu peserta PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M) menuturkan bahwa dia dan timnya, Vania dan Iis, sempat merasa nervous ketika mengikuti ajang ini. Hal ini dikarenakan banyaknya saingan yang cukup berat, diantaranya dari Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Pertanian, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Meskipun saingan mereka ketat, namun mereka telah mempersiapkan dengan baik. Mereka bahkan telah mempersiapkan ajang Rector Cup sejak delapan bulan yang lalu. Mereka menjalani banyak seleksi sejak saat itu. Pada saat lomba tiba, mereka mampu tampil dengan lancar meskipun sempat mengalami kejadian laptop yang hang.
Selain tim Faulita, pengalaman serupa juga dirasakan oleh Sandra dan 3 orang rekan setimnya. Sandra dan timnya juga telah mempersiapkan dengan maksimal untuk ajang Rector Cup ini. Persiapan mereka berawal dari membangun chemistry pada masing-masing anggota tim, kemudian melaksanakan pembagian tugas untuk penyusunan proposal dan desain aplikasi untuk PKM mereka. Pada awalnya, mereka berencana untuk mengikuti PKM-Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), namun mereka harus berpindah ke PKM-M dikarenakan jumlah anggota yang tidak memenuhi syarat.

PERUNGGU : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam memperoleh medali perunggu dalam ajang Rector Cup bidang PKM-M. (Foto oleh hnn)

            Meskipun para peserta delegasi dari Fakultas MIPA telah mempersiapkan Rector Cup dengan maksimal, namun ternyata pada tahun ini posisi juara umum masih belum bisa dirasakan Fakultas MIPA. Fakultas MIPA memperoleh posisi keenam dengan perolehan satu emas dari PKM-Karsa Cipta (PKM-KC) dan satu perunggu dari PKM-M.
             Walaupun Fakultas MIPA masih belum memperoleh juara umum, namun para peserta telah memperoleh pengalaman dan pelajaran yang luar biasa. “Dengan ajang Rector Cup ini, harapannya mindset mahasiswa baru dapat diubah, dari yang malas ikut pelatihan-pelatihan PKM menjadi rajin mengikuti pelatihan-pelatihan PKM. Seandainya kita tidak malas, kita pasti akan dilancarkan dalam menyusun PKM,” tutur Faulita ketika diwawancarai oleh awak pers basic. (adn/ss)

No comments