TERBARU

Konsolidasi Aliansi Mahasiswa MIPA, Hasilkan Empat Tuntutan

LPM basic FMIPA UB – Jum’at sore, 20 April 2018, Kementrian Kastrat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya (UB) mengadakan kajian terbuka dengan mengundang seluruh mahasiswa FMIPA. Kajian tersebut bertema “Sidang Juang: Dana Prokerku Tidak Lebih Dari Harga Tahu Bakso” di depan Sekretariat HMK.

Kajian yang disebut Sidang Juang tersebut membahas permasalahan yang ada di FMIPA UB, seperti dari isu komersialisasi peminjaman ruangan dan alat, pendanaan untuk kegiatan kemahasiswaan, pengadaan kantin hingga ketidakjelasan kegiatan akademik terutama KKN dan PKL. Berdasarkan notulensi Sidang Juang dari BEM FMIPA UB, pada akhirnya kajian tersebut, forum menyepakati untuk membentuk Aliansi Mahasiswa MIPA.

Aliansi Mahasiswa MIPA Terbentuk
Konsolidasi Aliansi Mahasiswa MIPA pada Selasa (24/4) di Lapangan Rektorat UB. Sumber foto: Aliansi Mahasiswa MIPA
Selasa sore, 24 April 2018, Aliansi Mahasiswa MIPA mengadakan forum konsolidasi yang diketuai oleh Ghozi Zhorif Altof. Konsolidasi tersebut diadakan untuk merumuskan tuntutan yang akan disampaikan pada forum pertemuan dekanat dengan mahasiswa yaitu, “Apa Kabar MIPA? (AKAMI)” yang diselenggarakan oleh Kementrian Advokesma dan Humas BEM FMIPA UB. Berdasarkan notulensi konsolidasi Aliansi Mahasiswa MIPA, forum konsolidasi tersebut menghasilkan empat tuntutan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Dekanat harus memberikan transparansi dana secara keseluruhan kepada mahasiswa dalam kurun waktu 1 bulan ke depan melalui forum terbuka seluruh mahasiswa,
  2. Dekanat harus memberikan klarifikasi dan meniadakan segala jenis komersialisasi di lingkungan fakultas terhadap mahasiswa MIPA,
  3. Dekanat harus menyelesaikan pembangunan kantin selambat-lambatnya 31 Agustus 2018,
  4. Dekanat harus menyelaraskan kebijakan akademik fakultas ke tingkat jurusan.

Empat tuntutan tersebut akan dimasukkan dalam bentuk nota kesepahaman dengan ditandatangani oleh seluruh ketua Lembaga Kedaulatan Mahasiswa (LKM) beserta Dekan FMIPA UB. (mrd)

No comments