TERBARU

Kemegahan MTQMN XV 2017

Buka – Pembukaan MTQMN XV Tahun 2017 di Lapangan Rektorat, UB. (wam)
LPM basic – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional merupakan salah satu acara akbar yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (BELMAWA), Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEK dan DIKTI). MTQMN XV Tahun 2017 dilaksanakan di Universitas Brawijaya (UB) dan Universitas Negeri Malang (UM) sebagai tuan rumah dengan mengangkat tema “Melalui MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017, kita integrasikan intelektualitas dan spiritualitas untuk mencetak calon pemimpin Indonesia yang cerdas dan bermoral demi mewujudkan baldatun thayyibatun wa Rabbun Ghafur”.

Menurut Buku Pedoman MTQMN XV 2017, tujuan diadakan acara ini adalah, untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengalaman isi kandungan Al-Qur’an, meningkatkan Syiar dan Ukhuwwah Islamiyah antarperguruan tinggi se-Indonesia, dan melestarikan seni dan budaya Qur’ani bangsa Indonesia.

Kafilah MTQMN XV 2017 dijadwalkan datang mulai 26-27 Juli 2017, kemudian dilanjutkan acara pembukaan MTQMN XV 2017 pada Jum’at (28/07), setelah itu dilanjutkan pelaksanaan musabaqah atau lomba, dan diakhiri dengan penutupan pada Kamis (03/08) hingga pelepasan dan kepulangan kafilah pada Jum’at (04/08).
Megah – Panggung MTQMN XV Tahun 2017 didesain oleh Dosen Arsitektur UB, Wasiska Iyati. (wam)
Pembukaan MTQMN XV 2017 dilaksanakan di Lapangan Rektorat UB dengan jumlah peserta terbanyak sepanjang masa pelaksanaan MTQMN. Mohammad Bisri, Rektor UB, dalam sambutannya menyampaikan, pada MTQMN XV 2017 kali ini memperlombakan 13 cabang dengan 251 perguruan tinggi seluruh Indonesia, yang terdiri dari 235 perguruan tinggi umum dan 16 perguruan tinggi keagamaan Islam dengan jumlah peserta 2.447 peserta.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengharapkan, dengan adanya MTQMN ini, semoga dapat membumikan Al-Qur’an di kampus-kampus Universitas di Indonesia melalui revolusi mental untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Didalam Musabaqah ini, mudah-mudahan kita tidak hanya bisa membaca saja, tapi mudah-mudahan bisa mengetahui arti apa yang ada didalam Al-Qur’an.” tambahnya dalam sambutan.

Perlombaan MTQMN ini diikuti oleh kalangan mahasiswa hampir dari seluruh penjuru nusantara dengan membawa berbagai harapan. Galung Triko, berharap untuk mendapatkan kemenangan agar bisa umroh atau naik haji. “Harapan saya secara pribadi sih, lebih mendekatkan lagi kepada Al-Qur’an.” tambah salah satu kafilah dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta tersebut. (mrd/wam)

Fotografer : Widya Ayu Mangesti
Reporter : M. Ravidianto, dan Widya Ayu Mangesti
Editor : M. Ravidianto

No comments