TERBARU

Dekanat Baru di Tahun Baru

Malang, basic – Jajaran Dekanat Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Brawijaya (UB) sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan lulusan yang berkualitas. Setelah terpilihnya Dekan FMIPA beberapa bulan lalu, diperlukan pula Wakil Dekan yang berkecimpung di bidang akademik, keuangan, dan kemahasiswaan. Untuk memenuhi tiga kursi yang akan membantu Pemimpin Fakultas selama satu periode ke depan, senat Fakultas melakukan rapat pada 8 dan 9 Februari 2017. Prosedur pemilihan dilakukan sesuai Surat Keputusan Rektor No. 5 Tahun 2015.

Proses pemilihan Wakil Dekan tidak melibatkan mahasiswa dan civitas akademika secara umum sehingga tidak terdapat publikasi segencar pemilihan Dekan. Wakil Dekan yang diajukan dipertimbangkan oleh senat Fakultas dalam rapat senat. Adi Susilo, Ph.D selaku Dekan FMIPA periode 2016-2020 menuturkan bahwa pengajuan Wakil Dekan dilakukan oleh masing-masing jurusan dengan mengajukan lima calon Wakil Dekan. Selanjutnya, Dekan setidak-tidaknya memilih dua calon untuk dipertimbangkan.

Adi menambahkan, “Ada enam calon yang saya ajukan untuk dipertimbangkan oleh senat fakultas. Enam calon  tersebut diantaranya adalah Dr. Serafinah Indriyani, M.Si dan Dr. Edi Priyo Utomo, MS sebagai calon Wakil Dekan I, calon Wakil Dekan II Sukir Maryanto, S.Si., M.Si., Ph.D dan Dr. Sunaryo, S.Si.,M.Si, sedangkan calon Wakil Dekan III Darjito, S.Si., M.Si dan Dr. Suharjono, MSi. Pemilihan Wakil Dekan dilakukan berdasarkan asas musyawarah mufakat oleh 30 anggota senat fakultas”.

Calon-calon yang diajukan tersebut berasal dari jurusan Biologi, Kimia dan Fisika. Sebagai informasi, pada jajaran Dekanat periode lalu juga tidak ada perwakilan dari Jurusan Matematika.
“Memang Jurusan Matematika tidak mengajukan nama sebagai calon Wakil Dekan. Itu tidak apa-apa, Mas, meskipun itu juga dipertimbangkan. Namun, kita harapkan kerjasama dari semua jurusan untuk memajukan FMIPA UB, yang lebih utama adalah profesional dan pemerataan dalam pelayanan.” tambah Adi.

Dari enam kandidat yang diajukan pada rapat senat, terpilihlah tiga Wakil Dekan yang akan mendampingi Dekan. Rapat senat yang berlangsung di awal tahun 2017 tersebut memutuskan dan menetapkan Wakil Dekan I Bidang Akademik Dr. Serafinah Indriyani, MSi dari Jurusan Biologi, Wakil Dekan II Bidang Keuangan Sukir Maryanto, S.Si., M.Si., Ph.D dari Jurusan Fisika, dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Darjito, S.Si., M.Si dari Jurusan Kimia.


“Harapan saya semoga bisa bekerjasama dalam memajukan FMIPA, salah satunya dari bidang kemahasiswaan untuk bidang penelitian. Hal ini dikarenakan FMIPA memiliki banyak kontrak terutama di bidang kemahasiswaan, seperti untuk juara 1 tingkat internasional dan prestasi lainnya. Kalau tidak salah ada 9 kontrak. Jadi, semua pihak harus bekerjasama. Kontrak-kontrak tersebut bisa dari Menteri Pendidikan ke pihak Universitas, dari pihak Universitas ke Fakultas, kemudian dari Fakultas ke Jurusan, setelah itu ke dosen. Selain kontrak akan kita sediakan muatan-muatan lokal sebagai panduan. Jadi, kontrak ini berkesinambungan sehingga kita sangat perlu berkerjasama untuk memajukan FMIPA” ungkap Adi Susilo diakhir wawancara bersama awak pers basic, tepatnya di ruang kerja Dekan FMIPA UB. #MIPASATUMIPAJAYA (sm/gsk)

No comments