TERBARU

Semarak Braphy Event 2016: Kontribusi Nyata untuk Kemajuan Bangsa

Salah satu acara tahunan dari Himpunan Mahasiswa Fisika Universitas Brawijaya kembali digelar pada hari Sabtu (12/11). Acara yang bertajuk Brawijaya Physics Event (Braphy Event) ini mengusung tema “Kontribusi Nyata Generasi Muda untuk Kemajuan Bangsa”. Tema yang diusung oleh Braphy tahun ini bukan hanya sebagai pelengkap acara melainkan mengandung makna serta harapan, khususnya bagi peserta untuk menumbuhkan semangat memajukan bangsa. Pelaksanaan acara tersebut terdiri atas serangkaian lomba yaitu olimpiade Astronomi, olimpiade Kebumian, dan Kompetisi Robotik Line Follower; Expo; dan Fun Trip. Berlangsung selama satu hai, Braphy tahun ini dilaksanakan di Gedung MIPA Center Fakultas MIPA, Universitas Brawijaya.

“Tahun ini, bidang Astronomi ada 120 peserta, Kebumian ada 90 peserta, dan Robotik ada 19 tim,”  jelas Suhardi Winaryo selaku ketua pelaksana.
Pembukaan: Ketua pelaksana Braphy Event 2016 menyambut para peserta.
Braphy Event 2016 dibuka dengan beberapa sambutan oleh ketua pelaksana dan Wakil Dekan Fakultas MIPA. Dalam sambutannya, Wakil Dekan III Fakultas MIPA menyampaikan kepada peserta olimpiade supaya olimpiade ini mampu menjadi tolok ukur dalam prestasi di setiap pembelajaran. Setelah pembukaan selesai, babak penyisihan pun dimulai. Selama babak penyisihan dilakukan, para pendamping siswa diarahkan untuk mengikuti sharing pendamping dengan pemateri Agus Naba, Ph.D., yang merupakan dosen Jurusan Fisika. Setelah hasil penyisihan diumumkan, peserta yang lolos bersiap untuk kembali berlomba di babak semifinal. Sementara itu, peserta yang tidak lolos dipersiapkan untuk mengikuti Fun Trip dan berpartisipasi dalam Expo yang diadakan oleh panitia. Kemudian, rangkaian acara dilanjutkan dengan babak final dan diakhiri dengan penyerahan hadiah.
“Acara pembukaan berjalan lancar, untuk Robotik dan Kebumian tidak ada kendala. Kemoloran (waktu) hanya terjadi pada pengoreksian jawaban oleh Tim Soal Astronomi yang kemungkinan disebabkan oleh jumlah soal yang terlalu banyak,” tutur Betty Meytasari selaku koordiantor divisi acara Braphy Event 2016.


Juara: Penyerahan hadiah bagi para pemenang.

Tahun ini merupakan pelaksanaan Braphy Event ke-3 untuk tingkat SMA. Perbedaan Braphy tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya adalah adanya tambahan rangkaian acara  seperti Fun Trip, expo, bazar makanan, dan sharing pendamping. Alasan diadakannya Fun Trip ini adalah mengisi waktu kosong bagi para peserta yang tidak lolos semifinal selama menunggu penutupan acara dan pembagian sertifikat. Di samping itu, sharing pendamping yang berisi materi terkait profil jurusan dimaksudkan agar guru pendamping nantinya mampu mengarahkan dan mengembangkan minat dan bakat siswa didiknya. Selain itu, alasan diadakannya sharing pendamping adalah untuk mengisi waktu bagi guru pendamping yang biasanya hanya menunggu muridnya yang sedang berlomba tanpa ada kegiatan apapun.
Berjuang: Tim Robotik berjuang menyusun rancangannya.
 “Harapan terbesar untuk Braphy ke depannya adalah mampu meningkatkan Braphy menjadi skala nasional, partisipannya lebih banyak, dan serangkaian acaranya lebih menarik,” jelas Suhardi. (ds/ella*/suy*) 


 *penulis adalah calon anggota





No comments