TERBARU

Scholarship Day, Gebyar Beasiswa Seluruh Dunia

Sepanjang tahun, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Brawijaya banyak menyelenggarakan acara yang luar biasa, salah satunya yaitu Scholarship Day. Acara ini  dilaksanakan pada hari Minggu, 6 November 2016 di gedung Graha Sainta Lantai 3. Scholarship Day merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Advokesma (Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas MIPA. Acara yang bertujuan untuk mengenalkan macam-macam beasiswa tersebut diikuti oleh para mahasiswa baik dari Fakultas MIPA maupun Fakultas lain. 

Acara yang berlangsung dari pagi hingga siang hari tersebut terbagi dalam tiga sesi. Sesi pertama adalah materi tentang kiat-kiat mencari beasiswa yang dipaparkan secara ringan oleh Siti Mariyah Ulfa, S.Si, M.Sc, Dr.Sc. Wanita yang biasa disapa Bu Ulfa ini merupakan dosen Jurusan Kimia Universitas Brawijaya yang berhasil meraih beasiswa INPEX untuk menempuh studi Magister di Okayama, Jepang. Dalam pemaparannya, Ulfa menceritakan pengalamannya seputar kegiatan perkuliahan, budaya, cuaca, dan lain sebagainya. Tak ketinggalan, Ulfa juga memberikan referensi mengenai beasiswa-beasiswa studi lanjut yang diketahuinya, seperti beasiswa INPEX, Australia Development Scholarship, Beasiswa dari Panasonic, Beasiswa Hitachi, Monbukagakusho, DAAD (yang dalam bahasa Inggris adalah German Academic Exchange Service-red), beasiswa dari Bank Dunia, dan sebagainya.

"Sekaranglah saatnya anda menuliskan rencana masa depan, bukan menunggu setelah lulus." nasihatnya
Menarik: Penerima beasiswa dan peserta program pertukaran pelajar berbagi kisah dan resep rahasia.
.
Selanjutnya, Scholarship Day ini juga menghadirkan tiga pembicara untuk berbagi pengalamannya. Mereka adalah Atika Hanoum Rahasta selaku peserta KUSEP (Kanazawa University Student Exchange Program) dalam bidang sains, Ahmad Dafiq selaku penerima beasiswa Sobat Bumi dari Pertamina Foundation, dan Abdul Razak selaku delegasi Universitas Brawijaya pada Harvard Model United Nation di Universitas Harvard. Kesempatan yang didapat oleh ketiga pembicara tersebut tentu bukan seperti tuah yang tiba-tiba muncul dari langit. Mereka tentu menghadapi berbagai tantangan dan rintangan. Akan tetapi, segala bumbu perjalanan tersebut tidak dijadikan halangan untuk terus berjuang meraih yang diimpikan.

"Intinya, kita harus bersungguh-sungguh untuk niat, kemudian fokus dan bekerja keras dengan strategi. Selanjutnya, jangan pernh memperhitungkan apalagi menyesali hasil karena apapun perjuangan yang kalian lakukan itu tidak sia-sia."  ujar Abdul Razak berapi-api.

Antusias: Peserta mengunjungi stand beasiswa untuk menggali informasi.


Kementerian Advokesma mengusung tema “Grab the Scholarship and Start Drawing Your Future" dalam Scholarship Day tahun ini. Hal tersebut sejalan dengan harapan penyelenggara sekaligus pengisi acara agar mahasiswa mengetahui informasi dan mulai membuat sekaligus menjalankan rencana-rencananya untuk memburu beasiswa.

"Melalui Scholarship Day ini, diharapkan para mahasiswa dapat memperoleh banyak informasi mengenai beasiswa yang ada di Fakultas MIPA." ungkap Achmad Faiz Fathony selaku Ketua Pelaksana.

Grab Your Future: Raihlah ilmu sampai ke negeri Cina,
Selain paparan materi dan talkshow,, Scholarship Day tentu tak akan lengkap jika tanpa pameran beasiswa atau Scholarship Expo. Karenanya, dalam kesempatan hari itu (6/11), Advokesma menghadirkan tamu-tamu dari berbagai pihak penyelenggara beasiswa untuk membantu para mahasiswa dalam mendapatkan berbagai informasi terkait beasiswa yang diminati. Pameran beasiswa ini diisi oleh Djarum Beasiswa Plus, Beastudi ETOS, Tanoto Foundation, Beasiswa Gas Negara, Beasiswa dari Lembaga Pendidikan Insani, Beasiswa Bakti BCA, Beasiswa Astra, serta Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang standnya paling banyak diminati oleh peserta. Tak ketinggalan pula lembaga bahasa seperti English Hut dan Brawijaya Language Center yang turut meramaikan pameran. Selain expo yang meriah, di akhir acara panitia juga menyediakan ice cream party untuk para peserta. (adn/zn*/al)

*penulis adalah calon anggota

No comments