TERBARU

Bintang Ritma: Ajang Penggalian Potensi Anggota RITMA

Tahun ini, Lembaga Otonomi Fakultas (LOF) Riset dan Keilmiahan (RITMA) menyelenggarakan  Bintang RITMA untuk yang pertama kali dalam masa periode RITMA. Bintang RITMA adalah ajang perlombaan essay tingkat fakultas untuk anggota ritma. Ajang ini  merupakan program kerja terbaru divisi Research and Development yang dinaungi oleh LOF RITMA. Dalam pelaksanaanya, Bintang RITMA dibagi menjadi beberapa tahap. Tahap pertama adalah yaitu tahap pendaftaran dan pengumpulan karya yang dibuka pada tanggal 21 September sampai dengan 25 Oktober. Selanjutnya, pada tanggal 25 Oktober hingga 5 November dilakukan penilaian naskah oleh juri. Selanju pada tanggal 12 November. 
Tahap presentasi
Sasaran Bintang RITMA ialah warga Fakultas MIPA yang telah mengikuti serangkaian acara pendidikan dan latihan anggota RITMA periode 2016 serta pengurus RITMA sendiri. Tujuan acara tersebut adalah untuk mengetahui potensi anggota RITMA karena ajang ini merupakan  tingkat awal lomba-lomba yang sesungguhnya. Hal tersebut diutarakan oleh ketua pelaksana Bintang RITMA.

"Namun sayang, antusiasme anggota baru sendiri kurang greget." lanjutnya, “banyak dari mereka (anggota baru tahun periode 2016) tidak mengikuti acara ini dikarenakan kurang pengetahuan tentang essay termasuk juga bagaimana cara membuat essay. Padahal, RITMA sudah memberikan beberapa contoh essay”.
Dari 20 pendaftar, hanya 14 pendaftar yang mengirimkan essay. Dari keempat belas essay yang dinilai juri, hanya 5 naskah yang berhak lolos ke tahap persentasi. Naskah-naskah tersebut di antaranya adalah "Pengolahan Slurry Sapi sebagai Bahan Dasar Kertas Ramah Lingkungan" oleh Dedy Setyawan dan Putri Devita, "Senyawa EGCG pada Green Tea sebagai Anti-zika Virus" oleh Alfeus R.D. dan Viol Dhea K., "Optimasi Divine Kretek dalam Rangka Revitalisasi Fungsi Tembakau" oleh Wirdatun N. dan Tri K., "Pemanfaatan Sampah Dedaunan di Universitas Brawijaya sebagai Briket Bioarang sebagai Sumber Pemanas dalam Proses Penetasan Telur Unggas" oleh Putri D. dan Dedy S., dan "Memaksimalkan Pemanfaatan Geothermal untuk Industri Pertanian Indonesia yang Lebih baik dengan Geothermal Agrienhouse" oleh Siti L. dan Wildan I.S. 
“Ada 2 juri dalam tahap penyeleksian, 1 juri dalam penilaian essay dan 1 juri dalam bidang teknik persentasi. Juri pada bidang teknik persentasi didatangkan dari Mawapres (Mahasiswa Berprestasi) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan 2016 Muhamad Ali Dofir” kata ketua pelaksana. “Karya yang berhasil meraih juara 1 nantinya akan dibukukan dan dicetak melalui UB PRESS bersama karya-karya RITMA yang lainnya.” tambahnya.
Hasil persentasi pada hari ini (12/11) dimenangkan oleh kelompok Dedy Setyawan dan Putri Devita dalam karyanya yang berjudul “Pengolahan Slurry Sapi sebagai Bahan Dasar Kertas Ramah Lingkungan”  dengan perolehan nilai sebesar 10.335. Nilai tersebut merupakan akumulasi dari penulisan essay dan presentasi.
“Semoga ke depannya, peserta Bintang RITMA bisa lebih banyak dan lebih antusias dalam mengikuti berbagai ajang perlombaan. Jika di Fakultas MIPA punya Bintang Aktifis, maka di LOF RITMA punya Bintang RITMA. Alangkah lebih indah jika terdapat banyak bintang di MIPA”  tutur sekretaris direktur RITMA mengakhiri wawancara. (tny)

No comments