TERBARU

Probinmaba Hari Kedua: MIPA Wujudkan Green Campus

Go Green: Salah satu kelompok finalis Environmental Project mempresentasikan proyeknya.
Mahasiswa baru 2016 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) kembali mengikuti rangkaian Program Pembinaan Mahasiswa Baru (Probinmaba) pada Sabtu, 17 September 2016. Kegiatan yang bertempat di gedung Graha Sainta lantai 3 ini berlangsung lancar. Probinmaba kedua ini lebih menonjolkan aktivitas berbasis lingkungan. Hal tersebut dicerminkan dalam proyek lingkungan yang diwajibkan bagi seluruh kelompok.

"Harapannya mahasiswa baru bisa lebih mewujudkan program Universitas sebagai Green Campus." ujar Satria. 

Probinmaba 2016 ini memang lebih mengutamakan pada tema Green Campus. Proyek lingkungan tersebut dikerjakan selama dua minggu, di mana mahasiswa melakukan kegiatan berbasis lingkungan, misalnya dengan membagikan bibit pohon, membagikan tas daur ulang, memilah sampah, serta bentuk kegiatan lainnya. Pada Probinmaba kedua ini, proyek tersebut dilaporkan dalam bentuk artikel dan presentasi. Dari 33 artikel yang terkumpul akan dipilih lima artikel terbaik yang selanjutnya dipresentasikan di depan dewan juri.

Menurut penilaian salah satu juri dari Malang Youth Greeneration, Andika Safar, artikel-artikel yang dibuat masih terlalu umum. Belum ada proyek yang fokus, spesifik dan berkelanjutan. Selain itu, beberapa proyek yang berjalan di kalangan masyaakat masih kurang melibatkan peran aktif masyarakat sebagai aktor utama. Meski begitu, Safar melanjutkan bahwa proyek ini bagus untuk meningkatkan pemikiran dan kesadaran terhadap lingkungan.

Selain proyek lingkungan, rangkaian Probinmaba juga menyodorkan beberapa materi. Materi pertama yang disampaikan oleh Prof, Sutiman ialah mengenai motivasi religi. Beliau menjelaskan ilmu-ilmu MIPA dalam kehidupan manusia. Menurut beliau, MIPA adalah ilmu yang saling berinteraksi dan memahami alam. Materi kedua adalah materi kebangsaan oleh Mira Fajriyah. Lulusan Fakultas Hukum ini memberikan informasi tentang keadaan Indonesia saat ini serta menjelaskan beberapa peran mahasiswa. Materi ketiga adalah informasi beasiswa serta email dan blog UB yang disampaikan oleh Kementrian Advokesma dan Humas Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA UB. Humas BEM FMIPA menjelaskan pentingnya memiliki email dan blog UB serta langkah-langkah pembuatan email dan blog UB, sedangkan Advokesma BEM FMIPA menjelaskan tentang sejumlah beasiswa yang bisa diraih selama kuliah dan syarat-syaratnya. Mahasiswa baru tidak hanya menyimak materi yang disajikan tetapi mereka juga sangat aktif dalam mengajukan beberapa pertanyaan.

Koordinator Acara Probinmaba 2016, Satria, menuturkan bahwa mahasiswa baru yang terlambat mengikuti Probinmaba tahun ini lebih sedikit dibandingkan dengan tahun lalu. Pada Probinmaba hari kedua ini hanya ada satu orang yang mengalami keterlambatan lebih dari 30 menit. Sebagai konsekuensi, mahasiswa baru yang terlambat akan diberikan hukuman untuk menulis essay tambahan. (usw/dah)
Harap-harap cemas: Salah seorang mahasiswa baru yang terlambat hadir pada Probinmaba hari pertama (10/9).

No comments