TERBARU

Gelegar Pemnas Menjangkau Seluruh Indonesia

Siap tempur: Peserta SMP dan SMA menunggu sesi pengerjaan soal
Pekan Matematika Nasional (PEMNAS) merupakan salah satu program kerja unggulan LISMATIKA (Lingkar Studi Matematika) yang merupakan Lembaga semi otonom di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Matematika dan Statistika (HIMAMASTA). Pada tahun ini, Pemnas diadakan serentak di 22 rayon di seluruh Indonesia dan berpusat di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya Kota Malang. Kegiatan ini terdiri dari serangkaian acara olimpiade tingkat SD, SMP, dan SMA. Kegiatan ini dilaksanakan pada 18 September 2016 untuk penyisihan, kemudian dilanjutkan dengan babak semifinal pada 1 Oktober dan  final pada 2 Oktober 2016.

PEMNAS selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, mulai dari segi sasaran peserta, total pendaftar, maupun jumlah rayon. Pekan Matematika tahun pertama ditujukan pada siswa-siswi se-Malang Terbuka. Kemudian pada tahun kedua, PEMNAS merambah lingkup Jawa-Bali, hingga pada tahun ketiga sampai pada tingkat Nasional yang telah berjalan selama tiga periode. Terhitung sebagai Pekan Matematika kelima, tahun ini PEMNAS menambah satu rayon di wilayah Indonesia Bagian Timur, yaitu Timika. Dengan ekspansi ini, dapat dikatakan bahwa Pekan Matematika sudah merambah hampir ke seluruh pulau utama yang ada di Indonesia.

PEMNAS tahun ini berjalan lancar meskipun Fakultas Ilmu Budaya (FIB) yang terletak bersebelahan dengan lokasi olimpiade juga mengadakan acara Dies Natalies yang cukup ramai. Kelancaran ini terwujud berkat koordinasi yang telah dilakukan oleh panitia PEMNAS dengan panitia Dies Natalis FIB UB sehingga para peserta tidak terganggu saat pengerjaan soal.

Tahun ini, peserta PEMNAS mencapai lebih dari 1.400 peserta. Dari babak penyisihan akan diambil  50 peserta yang terdiri dari 22 peserta dari juara masing-masing rayon dan sisanya diambil dari passing grade nasional. Peserta yang lolos akan kembali berkompetisi di babak semi final dan akan di seleksi lagi menjadi 10 peserta untuk setiap tingkat. Total hadiah keseluruhan mencapai 30 juta rupiah.

“Semoga lancar dan sukses acara PEMNAS 2016 dan bisa membawa nama baik Fakultas Mipa Universitas Brawijaya ke kancah Nasional. Untuk tahun depan bisa lebih baik lagi dan bisa mencakup cakupan yang lebih luas lagi sehingga bisa membawa bibit unggul nasional ini ke kancah internasional.” ujar Divo Ichwan Pradiqa selaku ketua pelaksana PEMNAS 2016.

Direktur LISMATIKA pun memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan kegiatan Pekan Matematika Nasional ini.
Sumber gambar: pemnas.ub.ac.id

“PEMNAS selanjutnya bisa lebih berkembang dan bisa memfasilitasi siswa-siswi Indonesia untuk berkompetisi dalam Olimpiade Matematika. Selain itu, PEMNAS dapat menjadi sebuah ajang setingkat OSN atau sebagai latihan sebelum berkompetisi di kancah Internasional.” begitulah harapan Nanda Riesta Pratama selaku Direktur LISMATIKA yang tampak berbahagia. “Speechless.” begitulah seorang Direktur LISMATIKA mengakhiri wawancara ini.  (dik/ds)
Tegang: peserta serius mengerjakan soal penyisihan.


No comments