TERBARU

Tidak Bisa Gunakan E-Voting, Panitia PEMILWA Janjikan Sosialisasi ke Kelas

(Suasana Konferensi Pers PEMILWA 2015)
Malang - Rendahnya tingkat partisipasi menjadi masalah turun temurun dari kegiatan Pemilihan Wakil Mahasiswa (PEMILWA) di Fakultas MIPA Universitas Brawijaya. PEMILWA yang seharusnya menjadi ajang demokrasi mahasiswa untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) malah kekurangan peminat. Menanggapi permasalahan tersebut, Panitia PEMILWA 2015 dalam acara Konferensi Pers yang diadakan Jum'at, 13 November 2015 di ruang MP 2.5 menyatakan siap memberikan solusi.
"Awalnya kita berencana menggunakan E-Voting (Electronic Voting), tetapi karena sistem ini baru maka hanya digunakan untuk PEMIRA", Ujar Dripani selaku ketua pelaksana.
"Kami juga sengaja menyamakan waktu pemilihan PEMILWA dengan PEMIRA untuk mengantisipasi ketidakhadiran mahasiswa untuk memilih", tambahnya.
"Mungkin panitia akan menghubungi kating (ketua tingkat) masing-masing kelas dan mendampingi mereka untuk memastikan informasi mengenai PEMILWA tersampaikan ke mahasiswa", Ujar salah satu panitia mencoba menjawab pertanyaan peserta.
Konferensi Pers merupakan salah-satu rangkaian acara PEMILWA untuk mensosialisasikan hal-hal yang berkaitan dengan PEMILWA, termasuk persyaratan calon dan timeline kegiatan. Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon yaitu nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) minimal 2.75. Selain itu, panitia baru menyampaikan sebagian timeline PEMILWA yaitu pengambilan formulir tanggal 16-18 November, pengembalian formulir dan berkas persyaratan tanggal 19-21 November, penetapan calon sementara tanggal 21 November dan bagi calon yang mengundurkan diri diberikan kesempatan tanggal 22 November. Kemudian timeline selanjutnya masih dibahas oleh panitia. (fyl).

No comments