TERBARU

Tips Menjadi Mahasiswa Baru yang Sukses

Perubahan status seorang pelajar dari siswa menjadi mahasiswa menjadi sebuah dilema bagi sebagian besar pelajar. Perubahan ini tentu akan menjadi beban tersendiri bagi pelajar dan membuat pelajar ragu memasuki dunia kampus. Tidak sedikit pelajar yang sulit beradaptasi dengan status barunya sehingga menghambat pelajar mengukir prestasi selama masa perkuliahan. Untuk itu penulis dirasa perlu untuk membagi tips-tips supaya mahasiswa baru cepat beradaptasi dengan dunia kampus.

1. Memulai dengan niat
Niat memegang peranan penting dan menjadi pondasi dalam keberhasilan kamu mencapai tujuan. Setiap pilihan harus dimulai dengan niat yang kuat sehingga mampu menumbuhkan keyakinan dalam diri untuk menghadapi situasi apapun yang dihadapi. Niat juga akan mendorong kamu untuk terus berusaha melakukan apapun untuk mencapai tujuan yang diinginkan. 

2. Mencari informasi mengenai kehidupan kampus
Informasi membuat kamu akan lebih paham situasi dan kondisi yang dihadapi. Ketika kamu mendapat banyak informasi tentu akan paham bagaimana dan kemana harus memulai mengembangkan kualitas yang dimiliki selama di kampus. Informasi yang tentunya sangat penting dicari berupa alur koordinasi kampus, kegiatan-kegiatan, prestasi yang pernah diraih, organisasi minat maupun organisasi kemahasiswaan, etika pendekatan dengan senior, etika pendekatan dengan dosen, dan informasi mata kuliah. Walaupun sebagian informasi sudah didapatkan pada saat kegiatan pengenalan kehidupan kampus tetapi akan lebih bagus jika ada usaha dari diri sendiri untuk menambah informasi yang bisa menjadi faktor pembeda antara kamu dengan mahasiswa lainnya.

3. Menjadi pusat perhatian
Salah satu cara untuk memudahkan kamu beradaptasi dengan dunia kampus yaitu dengan memposisikan diri kamu supaya bisa dikenal. Buatlah diri kamu menjadi pusat perhatian sesama mahasiswa baru atau senior. Caranya tentu dengan berani mengambil amanah seperti menjadi ketua kelompok dan selalu tampil dan menunjukan kemampuanmu dihadapan mahasiswa baru lainnya pada saat pengenalan kehidupan kampus. Ingat, jangan sampai tunduk sama skenario yang dibuat oleh panitia selama kegiatan pengenalan kampus.

4. Pendekatan dengan sesama mahasiswa baru
Selama masa pengenalan kampus usahakan saling mengenal satu sama lain, terutama dengan anggota kelompokmu dan jangan sampai bersifat cuek. Usahakan mengenal banyak mahasiswa lainnya karena suatu saat kamu akan membutuhkan support dari mereka. cara yang paling sukses dilkukan yaitu dengan jalan-jalan bersama, main futsal dan kegiatan lainnya yang menyenangkan. biasanya mahasiswa baru suka jalan-jalan dan kegiatan yang menyenangkan. Ingat, ini tentu untuk menambah relasi.

5. Pendekatan dengan senior
Senior bisa saja menjadi orang yang menakutkan pada saat kegiatan pengenalan kehidupan kampus tetapi tentu itu tidak akan berlanjut sampai memasuki perkuliahan. Dekati senior mana saja yang kamu anggap mempunyai kapabilitas dan bisa membantu dan menjawab pertanyaan kamu. Mendekati senior juga jangan sampai dengan cara yang kaku, usahakan dalam kondisi santai, misalkan ngobrol pada saat makan atau minum di kantin atau pada saat santai-santai di gazebo. Pendekatan dengan senior akan menambah relasi dan membuat kamu makin dikenal dan memudahkan kamu menuju langkah selanjutnya.

6. Ikut kepanitiaan dan Organisasi
Kedua wadah ini menjadi tempat kamu belajar banyak hal diluar perkuliahan. Pembelajaran dan pengalaman yang didapatkan dengan mengikuti organisasi dan kepanitiaan tidak pernah diajarkan di perkuliahan. Walaupun dengan mengikuti kegiatan ini akan menyita waktu luang kamu, tetapi anggap itu sebagai pengorbanan untuk mencapai tujuan. Tidak ada proses yang mudah dan tidak ada proses yang sia-sia. Mengikuti kepanitiaan dan organisasi akan membuat kamu memahami dan menambah informasi mengenai kampus serta menambah relasi. Untuk kepanitiaan usahakan memilih jabatan strategis seperti ketua pelaksana, sekretaris, bendahara ataupun Koordinator setiap divisi, sehingga kamu bisa dengan cepat menunjukan kemampuan. Jangan takut memilih jabatan-jabatan itu karena nanti akan ada yang membimbing kamu dalam menjalankan amanah. Tak masalah untuk mengorbankan banyak pulsa untuk menyebarkan informasi ke teman-temanmu, apalagi saat ini sudah dipermudah dengan banyaknya media sosial. Organisasi dikampus tidak hanya organisasi kemahasiswaan seperti BEM, HMJ tetapi ada juga organisasi minat dan bakat. Bahkan banyak juga organisasi yang berada diluar kampus yang akan memberikan kamu banyak pembelajaran dan mengembangkan kemampuanmu. Oleh karena itu, pilihlah sesuai minat dan keinginanmu.

7. Pendekatan dengan dosen
Mengenal dosen akan memudahkan kamu selama perkuliahan. Mendekati dosen tentu berbeda dengan cara mendekati mahasiswa. Jaga sikap, tutur kata, dan sopan santun. Apalagi ketika menghubungi dosen dengan sms jangan lakukan hal ini:
- Nanya: Bu lagi dimana ? Bu ada dikampus hari ini ?, jika ingin bertemu usahakan cari jadwal kuliah dosennya atau membuat janji terlebih dahulu.
- menggunakan singkatan, tanda seru, dan kata gaul.
- tidak menyertakan identitas diri kamu ketika menghubungi dosen
Untuk melakukan pendekatan dengan dosen, kamu harus mengenal karakter masing-masing dosen, tentu dengan menanyakan kepada senior. Beberapa cara yang bisa menjadi pertimbangan buat kamu untuk bisa dikenal oleh dosen yaitu: 
- Menjadi ketua kelas, tentu jabatan ini akan membuat kamu terus berkomunikasi dengan dosen
- Duduk paling depan, dosen sangat menyukai mahasiswa yang duduk di depan
- Berusaha aktif, untuk semester pertama dosen sangat memperhatikan mahasiswa yang aktif
- Banyak Nanya, dosen sangat senang mahasiswa yang selalu ingin tahu apalagi ketika kamu mendatangi dosen diruangannya untuk menanyakan sesuatu.

8. Meraih IP tinggi di semester awal
Semester awal akan sangat menentukan hasil studi kamu. Jangan sampai mempunyai kesan semester awal hanyalah permulaan dan disepelekan. Nilai semester awal yang tinggi akan membantu kamu mempertahankan IPK walaupun ada penurunan nilai pada semester akhir. Selain itu, Nilai semester awal akan memacu semangat kamu untuk mendapatkan nilai yang lebih baik di semester selanjutnya.

9. Ikuti kegiatan kampus maupun perlombaan
Kegiatan kampus akan membantu kamu mengembangkan kemampuan. Kegiatan kampus yang dimaksud seperti kegiatan latihan dasar kepemimpinan, seminar, workshop, dan kegiatan lain yang bersifat membangun. Selain itu, ikuti juga perlombaan-perlombaan baik tingkat universitas, regional, nasional maupun internasional. Jangan takut mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti perlombaan. Uang yang kamu keluarkan akan diganti oleh pihak kampus jika kamu mengukir prestasi di perlombaan tersebut, tentu pengajuannya dengan prosedur yang sudah ditentukan.

10. Fokus dan Berdo'a
Hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga supaya kamu tetap berpegang teguh pada tujuan awal kamu yaitu fokus. Bersikap fokus akan mempermudah kamu mencapai tujuan. Contohnya, banyaknya manusia yang terjerumus ke neraka karena iblis sangat fokus menggoda manusia. Terakhir, jangan lupa untuk tetap berdo'a, manusia yang merencanakan tetapi tetap tuhan yang menentukan.

Itulah beberapa tips yang bisa penulis bagikan. Jadilah mahasiswa yang membanggakan dan bermanfaat bagi banyak orang. Hidup Mahasiswa ! (fyl)

No comments