TERBARU

PK2MU, Harapan Baru Brawijaya

(Rektor dan jajarannya menuju panggung PK2MU) 
Selasa, 1 September 2015 menjadi hari yang spesial bagi seluruh mahasiswa baru Universitas Brawijaya angkatan 53. Karena pada hari itu dilaksanakan Kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Universitas (PK2MU). Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara pihak Rektor Universitas Brawijaya dengan Eksekutif Mahasiswa (EM) yang dijalankan dengan terbentuknya panitia pelaksana Raja Brawijaya 2015. PK2MU bertujuan untuk melakukan pengenalan kampus Universitas Brawijaya kepada mahasiswa baru sehingga mahasiswa baru merasa siap untuk menjalankan studi di Universitas Brawijaya.

PK2MU tahun ini lebih menekankan mahasiswa baru untuk mengenali potensi dirinya masing-masing, yang diwujudkan dalam pemberian tugas-tugas online maupun offline. selain itu, panitia Raja Brawijaya 2015 juga mendukung Visi Universitas Brawijaya untuk menjadi World Class University dengan memperbanyak  tugas online yaitu 80% dan sisanya 20% untuk tugas offline.

Kegiatan PK2MU dimulai dengan pelaksanaan upacara penyambutan mahasiswa baru di lapangan rektorat Universitas Brawijaya dengan beberapa penampilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) seperti penampilan Marching Band, Paduan Suara Mahasiswa, Pengibaran bendera Merah Putih dan bendera Brawijaya dengan meluncur menggunakan flying fox oleh Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam (Impala), dan formasi paper mob dari seluruh mahasiswa baru dengan membentuk tulisan UB dan bendera Merah Putih yang memiliki esensi "Bangga Almamater, Cinta Indonesia".

Pada upacara ini Rektor Universitas Brawijaya Prof Dr. Ir. Mohammad Bisri, Ms. menyampaikan bahwa peminat Univesitas Brawijaya dari tahun ke tahun meningkat, pada tahun 2014 peminat Universitas Brawijaya mencapai 182.783 orang dan meningkat menjadi 197.087 orang untuk program S1 sedangkan untuk program Vokasi peminat pada tahun 2015 yaitu 5898 orang dan yang diterima di Universitas Brawijaya secara keseluruhan yaitu 13.387 orang, selain itu rektor mengharapakan mahasiswa baru untuk tetap menjaga etika kampus, menjaga nama besar Universitas Brawijaya, dan menjadi mahasiswa yang berkualitas dan berprestasi untuk mengharumkan nama Universitas Brawijaya. Rektor Universitas Brawijaya juga melakukan pemukulan Gong yang menandakan peresmian mahasiswa baru Universitas Brawijaya yang dilanjutkan dengan penyematan almamater kepada perwakilan maba dan pelepasan balon oleh jajaran rektorat.
Tahun ini, PK2MU juga mengundang jenderal TNI Bapak Gatot Nurmantyo untuk memberikan materi wawasan kebangsaan dan kepemimpinan kepada seluruh mahasiswa baru pada tiga ruang yang berbeda yaitu Samantha Krida, Gor Pertamina dan Sport Center. Panitia juga memberikan materi kemahasiswaan, pengenalan EM, DPM, dan BEM. (fyl/pw/dyh/lai/nov/ad/sma/div) 

No comments