TERBARU

Pers Mahasiswa



PERSMA
(PERS MAHASISWA)

PERSMA akronim dari Pers Mahasiswa. Wadah bagi mahasiswa dengan minat tulis-menulis, reportase, fotografi dan sebagainya untuk menuangkan segala kekritisan, idealisme, perjuangan juga pergerakan yang ada dalam dirinya.
Dilihat dari susunan katanya, ia adalah gabungan dari dua kata yang bermakna  istimewa. Dari kata pers ia memiliki fungsi untuk memberikan informasi, kontrol, wawasan kepada masyarakat juga menjembatani suara rakyat terhadap penguasa. Dalam menjalankan fungsinya ini ia juga dituntut untuk bersikap independen. Dan sebagai mahasiswa ia memiliki fungsi utama sebagai generasi perubahan dan generasi pengontrol di tengah-tengah masyarakat. Bisa dibayangkan betapa istimewa makna dari dua kata ini bila digabungkan.
Dalam perkembangannya, Persma menyuguhkan sejarah penting dalam peradaban Indonesia. Dengan ide-ide tulisannya yang tersampaikan secara meluas dapat mempengaruhi dan membentuk opini umum di tengah-tenagh masyarakat dan melatarbelakangi terjadinya peristiwa besar di negeri ini. Seperti peristiwa Malari (Malapetaka Lima Belas Januari) 1974 dan yang paling menggemparkan peristiwa penggulingan Orde Baru Mei 1998.
Dewasa ini banyak ancaman dan peluang yang dihadapi oleh Persma. Arus kecanggihan teknologi menuntut Persma untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menjalankan perannya yang istimewa tadi. Basic sebagai LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) FMIPA juga terus berupaya mengimbangi arus teknologi ini dengan aktif di dunia maya melalui web Basic, di www.kabarbasic.com.
Menjadi bagian dari Pers Mahasiswa tentu bukanlah suatu hal yang mudah dan tanpa tantangan. Kita dituntut untuk mampu menjadi penggerak perubahan ke arah yang lebih baik. Kini Persma juga terus berusaha bertahan di tengah arus modernitas yang ada untuk terus berusaha menjadikan bangsa ini lebih maju. (alf)

No comments