TERBARU

UB Gelar Shalat Idul Adha




Dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1436 Hijriah, Pusat Pembinaan Agama (PPA) Universitas Brawijaya menyelenggarakan shalat bersama di depan lapangan rektorat. Kamis (24/9) pagi, jajaran civitas akademika, mahasiswa, serta masyarakat umum memenuhi lapangan hingga ke jalan dan teras perpustakaan. Pada Idul Adha tahun ini, Rektor Universitas Brawijaya Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS kembali memikul amanah sebagai khatib dalam khutbah yang bertema “Idul Adha dan Semangat Nabi Ibrahim AS”. Kegiatan shalat berjamaah ini diimami oleh Dr. HM. Ismail, MH., M.Si. Beliau adalah dosen di IAIN Sunan Ampel Surabaya.

Khidmat: Jamaah mendengarkan khutbah yang dibawakan oleh rektor UB.
"Kesabaran hendaknya memberi inspirasi dan memotivasi kita bahwa sabar dan pengendalian itu merupakan hal penting untuk meraih kesuksesan hidup karena mereka selalu bersama Allah." kata Muh. Bisri dalam khutbahnya seputar tiga tauladan Nabi Ibrahim AS, yaitu ketaatan, kesabaran, dan keikhlasan.

Menurun dari tahun sebelumnya, Universitas Brawijaya mengeluarkan enam ekor sapi dan empat belas ekor kambing untuk kurban. Panitia juga membagikan 2000 kupon untuk mendistribusikan daging kurban tersebut. Menurut informasi yang dihimpun dari Humas (Hubungan Masyarakat) UB, hewan yang dikurbankan sudah dites kelayakannya oleh tim dari Program Kedokteran Hewan (PKH) UB. Tes kelayakan tersebut terdiri atas tes Ante Mortem yang dilakukan saat membeli hewan dan Post Mortem yang menguji kualitas daging dan organ dalam (hati dan Limpa).

Secara umum, kegiatan berlangsung tertib dan khidmat meskipun masih terdapat beberapa jamaah yang tertinggal karena hadir terlambat. Selepas shalat dan khutbah, terbentuklah pemandangan yang lazim terlihat sejak masyarakat akrab dengan gawai canggih, yaitu berfoto bersama.(al)
Di antara kendaraan: Demi melaksanakan shalat berjamaah, beberapa jamaah rela nyempil de sela-sela kendaraan yang parkir.

No comments