TERBARU

Akurkah IPTEK dengan BUMI ?


"Akurkah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dengan Kelestarian Bumi" menjadi tema yang dipilih oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Fakultas MIPA dalam diskusi yang diselenggarakan Rabu, 13 Mei 2015. Diskusi yang bertempat di ruang MP 1.1 ini dihadiri oleh LPM Solid FT-UB, Kavling 10 UB, LPM Canopy FP-UB, Asia Pers Independen (API) STMIK-STIE Asia, dan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) Kota Malang.

Diskusi yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini melahirkan banyak gagasan dari para peserta. Satu dari sekian gagasan peserta ialah bahwa IPTEK sangat bermanfaat dalam kelestarian bumi, namun manusia yang menjadi pembuat dan pengguna IPTEK harus pandai memberikan batasan-batasan terhadap penggunaan hasil bumi sehingga tidak ada kerusakan bumi yang diakibatkan oleh kebutuhan pengembangan IPTEK. Selain itu, ada juga yang berpendapat bahwa kesadaran masyarakat dan pemerintah dalam menjaga kelestarian bumi harus ditingkatkan, misalnya dengan menyelenggarakan gerakan bumi sehat, pendidikan dini tentang bumi, maupun kegiatan-kegiatan lain yang bersifat menjaga kelestarian Bumi.

Di akhir diskusi, Ary Yanuar yang menjabat sebagai Sekretaris Jendral PPMI Kota Malang menyampaikan, "Isu lingkungan menjadi isu yang harus terus diangkat oleh semua lembaga pers mahasiswa maupun pers umum. Marilah kita semua terus mengawal isu lingkungan ini, khususnya lingkungan UB dan Kota Malang yang paling dekat dengan kita." (fyl).

No comments