TERBARU

Sosialisasi Beasiswa LPDP

Gedung Widyaloka UB menjadi saksi diselenggarakannya seminar beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang lebih dikenal dengan LPDP. Acara yang diadakan oleh Ikatan Awardee LPDP malang mendatangkan Direktur Utama LPDP Bapak Eko Prasetyo dan Ibu Berliana Abidah Oktaviani yang menjabat sebagai Marketing Communication at Indonesia Endowment Fund for Education yang secara langsung menyosialisasikan program-program yang ditawarkan LPDP. Acara yang bertemakan "Mengenal Lebih Dekat tentang LPDP" diselenggarakan Sabtu, 28 Februari 2015. Acara  dipandu oleh Rizki Firmansyah, seorang mahasiswa penerima beasiswa LPDP yang saat ini menempuh pendidikan Master Science Of Accounting Degree di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas  Brawijaya. 

Dalam memulai materinya Bapak Eko Prasetyo menyampaikan bahwa seminar LPDP awalnya hanya dibuka untuk 300 peserta, namun karena 1 hari setelah pendaftaran  kuotanya sudah penuh, pihak panitia menambahkan kuota hingga 1000 peserta. Oleh karena itu, acara dibuat menjadi dua shift, yaitu shift pertama diselenggarakan dari jam 9:00-11:00 WIB dan shift kedua diselenggarakan dari jam 14:00-17:00 WIB. 

"Sebenarnya LPDP tidak hanya menyediakan program beasiswa, tetapi juga menyediakan program-program lain seperti pendanaan riset dan  pendanaan fasilitas pendidikan yang rusak" tutur Pak Eko.
Beliau juga menceritakan bahwa jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Inggris ada 2000 mahasiswa dan 700 di antaranya merupakan penerima beasiswa LPDP. Namun, kuantitas ini jauh lebih sedikit dari mahasiswa asal Malaysia yang mencapai angka 20.000 mahasiswa. Kondisi ini pula yang terus menjadi motivasi  bagi LPDP untuk terus meningkatkan jumlah kuantitas mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi. Beliau juga menambahkan bahwa menurut data Badan Pusat Statistik, jumlah tenaga kerja Indonesia yang merupakan lulusan Sarjana hanya 7.2% sedangkan sisanya lulusan SMA, SMP, SD dan tidak sekolah. Berkaca dari semua ini LPDP menyediakan berbagai jenis beasiswa untuk meningkatkan tenaga kerja ahli Indonesia. Tahun 2015 ini LPDP menyediakan 3100 beasiswa Magister dan Doktor  yang dibuka untuk empat periode yaitu Februari, Mei, Agustus dan November.

Materi selanjutnya disampaikan oleh ibu Berliana yang lebih spesifik berkaitan dengan beasiswa.

"Beasiswa LPDP ini tidak hanya satu jenis, tetapi ada lima jenis beasiswa, yaitu beasiswa magister dan doktor, beasiswa tesis dan disertasi, deasiswa spesialisasi kedokteran, beasiswa afirmasi khusus untuk mahasiswa kurang mampu maupun untuk mahasiswa yang sebelumnya menerima Bidik Misi, dan yang terakhir Indonesian Presidential Scholarship yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang mempunyai jiwa leadership", ungkap Bu Berliana.

Beliau juga menyampaikan bahwa untuk tahun 2015 ada beberapa bidang ilmu yang menjadi skala prioritas untuk mendapatkan beasiswa, diantaranya Teknik, Sains, dan Pertanian, sedangkan untuk tema prioritas yaitu Kemaritiman dan Perikanan yang disesuaikan dengan program pemerintah. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bidang ilmu yang prioritasnya rendah maupun diluar skala prioritas bisa mendapatkan beasiswa LPDP tergantung dari kualifikasi yang diinginkan oleh LPDP dapat dipenuhi. Beliau menambahkan bahwa seleksi beasiswa LPDP secara umum ada dua tahap yaitu seleksi administrasi dan seleksi wawancara, namun disesuaikan dengan jenis beasiswa yang diajukan

Acara yang berlangsung cukup sukses dan meriah ini ditutup dengan penyampaian kesan-kesan oleh penerima beasiswa LPDP dalam negeri, afirmasi, dan luar negeri serta pemberian bingkisan kepada penanya terbaik dan pemenang tweet terbaik untuk acara tersebut. (fyl)

No comments