TERBARU

MTQ FMIPA, Langkah Awal Menuju MTQ UB


SENTUHAN WARNA: Peserta menulis indah sedang menyelesaikan kaligrafinya. (photo by: dokumen Forkalam)
Untuk menyambut kegiatan tahunan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Universitas Brawijaya ke-XI tahun 2015, hari ini (28/2) Forum Kajian Islam (Forkalam) Fakultas MIPA menjaring kader-kader Muslim MIPA melalui MTQ FMIPA. Musabaqah ini digelar lebih awal dari jadwal yang semula direncanakan. Bertempat di Gedung MIPA Universitas Brawijaya, musabaqah ini dibuka oleh Pembantu Dekan III Darjito, S.Si, M.Si.

Musabaqah yang berlangsung selama sehari penuh ini merupakan rangkaian yang terdiri dari 13 macam musabaqah atau lomba. Lomba-lomba tersebut antara lain Tilawatil Qur’an, Tartil Qur’an, Hifzhil Qur’an kategori 1 juz, 5 juz, dan 10 juz, Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an, Khatt al-Qur’an (lomba menulis indah ayat al-Qur’an), karya tulis al-Qur’an, Qira’ah Sab’ah, debat ilmiah kandungan al-Quran dalam Bahasa Arab, debat ilmiah kandungan al-Qur’an dalam bahasa Inggris, serta desain aplikasi komputer al-Qur’an.
 
Secara umum, rangkaian musabaqah tersebut berjalan lancar dan sukses. Persiapan yang membutuhkan usaha ekstra karena jadwal yang harus dimajukan pun tidak berakhir sia-sia. Meski demikian, terjadi penurunan jumlah peserta dari tahun-tahun sebelumnya. Menurut perkiraan Ketua Pelaksana Alvin Sofifatoni, penurunan ini terjadi karena perguliran sumber daya manusia yang mumpuni mengalami kemunduran. Tahun ini, cabang lomba debat ilmiah, qira'ah, serta Hifzhil Qur'an kategori 10 juz kosong pendaftar. Namun di lain sisi, penyelenggara terkesan karena cabang lomba terakhir (desain aplikasi al-Qur'an untuk komputer) yang diperkirakan tidak akan ada peserta justru diminati. Di samping itu, banyak masukan yang diberikan oleh dewan juri agar mahasiswa FMIPA tetap siap tempur dalam menghadapi MTQ tingkat universitas nantinya. Salah satunya yaitu melibatkan kembali peserta-peserta MTQ tahun lalu.

"Hingga tahun kemarin, Fakultas MIPA telah menjadi juara umum empat kali berturut-turut. Tahun ini, kami optimis akan merebut gelar itu lagi." ungkap Alvin ketika ditanya via sms.

Selain sebagai persiapan menyambut MTQ Universitas Brawijaya mendatang, MTQ FMIPA ini juga berperan sebagai wadah untuk meningkatkan iman dan ketaqwaan mahasiswa muslim FMIPA serta sebagai motivasi untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan diri di bidang agama Islam. Semoga dengan rangkaian musabaqah hari ini, mahasiswa muslim FMIPA bisa mengekspresikan dirinya dalam balutan Islam. (al)

No comments