TERBARU

Jalin Hubungan Lewat Studi Komparatif




Sabtu, 17 Mei 2014, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas MIPA Universitas Brawijaya mendapat kunjungan istimewa dari BEM FSM (Fakultas Sains dan Matematika) Universitas Diponegoro. Sekitar 60 orang pengurus BEM FSM Universitas Diponegoro  berpartisipasi pada kunjungan yang berbentuk Studi Komparatif ini.
Bertempat di Ruang Biologi Gedung  Biologi, acara dibuka pada pukul 08.30 oleh Presiden BEM FMIPA Zainurrahman. Sehubungan dengan kunjungan tersebut, Bapak Darjito selaku Pembantu Dekan III hadir dan memberikan sambutannya. “Kita tidak bisa berdiri sendiri. Dengan latar belakang yang sama (sama-sama berbasis Ilmu Pengetahuan Alam-red), kita harus bisa bekerjasama dalam kegiatan-kegiatan kemahasiswaan untuk mengadakan kegiatan berskala Nasional, seperti Olimpiade untuk Siswa SLTA.” ungkap beliau.
Setelah pemaparan secara umum mengenai BEM dan program kerja masing-masing, acara dilanjutkan dengan tanya jawab umum. Kemudian, peserta kunjungan menyebar sesuai Kementerian atau Departemen masing-masing untuk berdiskusi dan berbincang-bincang mengenai sistem, program kerja, dan kendala-kendala yang dialami. Sesi diskusi ini dilakukan di luar ruangan di sekitar area Fakultas MIPA.
“Ternyata kultur mahasiswa MIPA di manapun tidak jauh berbeda. Sebagai saintis, peminatannya dalam sosial dan kepolitikan masih segini-segini saja.” Ungkap Kepala Departemen Kebijakan Publik BEM FSM Universitas Diponegoro menanggapi perbincangan mengenai antusiasme mahasiswa MIPA terhadap kegiatan Eksekutif di Fakultas.
Dari Studi Komparatif ini, diharapkan masing-masing pihak dapat mengambil pelajaran dan pengalaman terbaik untuk diterapkan dalam sistem masing-masing. Selain itu, acara ini juga berfungsi sebagai wadah silaturahmi dan penjalinan hubungan baik antar Fakultas MIPA di Universitas di Indonesia. (al)

No comments