TERBARU

HIMAMASTER Corner

Himamaster (Himpunan Mahasiswa Matematika, Statistika, dan Ilmu Komputer) baru saja berganti pengurus. HMJ ini digawangi oleh 41 mahasiswa, yang hampir merata dari setiap Program Studi yang ada di Jurusan Matematika FMIPA UB. Menurut Ketua Himamaster, Eka Mahargiyak (Ilmu Komputer ’10), meskipun issue yang santer terdengar adalah Ilmu Komputer akan bergabung dengan beberapa Jurusan/Prodi di lain fakultas seperti TIf, SI, dan Teknik Komputer membentuk suatu program baru bernama PTIIK dan berarti akan keluar dari FMIPA, namun itu tak mempengaruhi kinerja himpunan dengan kepengurusan baru dan masih berumur dua bulan ini. “Sejauh ini, kinerja kami cukup baik, lancar.”.
Misi yang dibawa oleh ketua himpunan yang membawahi 3 program studi ini adalah bahwa sebagai seorang yang menuntut ilmu eksakta, warga master dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri, serta emosional dan spiritual.
Sebagai suatu himpunan mahasiswa, sudah selayaknya sebagai penggagas segala kegiatan untuk mahasiswa dalam jurusannya guna menghimpun seluruh mahasiswa agar andil dalam berbagai kegiatan. Dalam waktu dekat ini, Himamaster akan mengadakan Master League sebagai ajang pertandingan futsal antarkelas bagi 4 angkatan (2008-2011) untuk semua prodi yang rencananya akan digelar pada April mendatang.
Sumber Gambar
Selain itu, juga akan diadakan SOP (School of Programming) yang hubungannya sangat kental dengan jurusan ini, Matematika, karena sebagian besar perkuliahannya berkaitan programming. Kegiatan ini bertujuan untuk mempraktikkan ilmu yang didapat oleh mahasiswa dalam perkuliahan, khusus bagi mahasiswa baru master. Rencananya, SOP akan berlangsung pada Maret/April.
Bukan cuma 2 kegiatan itu yang dalam waktu dekat akan digelar, ada lagi lho! Yaitu Master Debate. Suatu Program Kerja baru di Himamaster. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membentuk pemikiran kritis mahasiswa master demi mewujudkan MDGs (Millennium Development Goals) atau Sasaran Pembangunan Millenium yang menjadi kesepakatan beberapa kepala negara dari 189 negara Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), salah satunya Indonesia. Terdiri dari delapan butir tujuan ( Memberantas kemiskinan dan kelaparan; mencapai pendidikan untuk semua; mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan; menurunkan angka kematian anak; meningkatkan kesehatan ibu; memerangi HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya; memastikan kelestarian lingkungan hidup; mengembangkan kemitraan global untuk pembangunan)  yang ingin dicapai pada tahun 2015 mendatang. Targetnya adalah tercapai kesejahteraan rakyat dan pembangunan masyarakat pada 2015. Tentunya, konsep kegiatan ini akan disesuaikan dengan bidang yang digeluti oleh mahasiswa master.
Seluruh konsep acara 3 kegiatan tersebut telah dipersiapkan, tinggal bagaimana realisasi berupa teknis acara pada waktu pelaksanaannya nanti.

Di akhir wawancara di depan sekretariat Himamaster pada Rabu (7/3), Eka menyampaikan harapannya untuk Himamaster, “Menjadi besar dengan orang-orang hebat, orang-orang cerdas, orang-orang pintar. Menjadi kiblat dari HMJ yang lain serta dapat menaungi lingkup internal maupun eksternal himpunan.”. Dan untuk seluruh pengurus Himamaster, “Berikan mawar jika kalian punya mawar, berikan melati jika kalian punya melati. Intinya, berikan yang terbaik untuk Himamaster semampu kalian.”, sambung Eka. (Fahim)

No comments