TERBARU

Aktor Penting dalam Praktikum

Apa sih praktikum itu? Mungkin sebagian mahasiswa ada yang belum pernah melakukan praktikum karena sebagian dari mereka mungkin tidak pernah ada praktikum yang dilaksanakan di dalam laboratorium. Namun,bagi mereka yang berada pada jurusan eksakta tentu tidak asing lagi dengan makhluk bernama praktikum. Berbicara tentang praktikum, tentu tidak akan terlepas dengan laporan praktikum. Kedua nama tersebut yang berperan penting dalam sebuah praktikum. Namun, salah satu aktor penting dalam praktikum ini, yaitu laporan praktikum, yang sering membuat para praktikan merasa galau (sebuah kata yang trend dimasa ini). Praktikum, praktikan, dan laporan merupakan tiga kata yang cukup berkaitan dalam kehidupan mahasiswa jurusan-jurusan eksakta. Tiga aktor ini sudah menjadi pemeran utama. Apalagi bagi mereka yang berada di jurusan MIPA yang merupakan salah satu jurusan eksakta yang penuh dengan analisis dan pembuktian suatu fenomena alam, tentunya tidak hanya dianalisis saja tetapi harus kita gali serta teliti apa yang terjadi atau kita harus mencari tahu  tentang fenomena tersebut melalui praktikum.
Baik, kita sekarang sering mendengar kata praktikum. Sebenarnya apa sih praktikum itu? Praktikum yaitu suatu cara atau metode untuk menganalisa serta meneliti suatu fenomena yang ada, yang nantinya akan kita amati hasilnya. Dan praktikan adalah subjek dalam praktikum. Bagi mereka yang tidak tahu mungkin bingung apa yang dimaksud dengan praktikan? Praktikan yaitu orang yang melakukan praktikum, jadi praktikan merupakan seseorang yang melakukan praktikum. Praktikan jugalah yang sanngat berperan dalam pelaksanaan dari praktikan ini.
Tak lepas dari praktikum tentunya akan ada laporan. Laporan yaitu sebuah tulisan yang melaporkan tentang praktikum ini. Tentunya laporan ini yang membuat para praktikum merasa bingung dan tertekan, karena mereka menganggap bahwa laporan ini sangatlah berat bahkan sangat banyak sekali menyita waktu. Mereka beranggapan bahwa laporan ini suatu bumerang yang sangat mengganggu sekali dalam kehidupan mahasiswa. Sehingga mereka tidak mampu membagi waktu mereka dengan sebaik-baiknya.

Laporan ini sebenarnya bukan suatu hal yang baru bagi kalangan mahasiswa, mungkin saja mereka tidak tahu cara memanage waktu antara laporan dengan kegiatan mereka. Mereka beranggapan bahwa laporan itu sangat menyita waktu dan sangatlah sulit untuk dikerjakan. Sebenarnya itu bukan suatu masalah bagi praktikan, tinggal praktikannya saja yang harus bisa mengatur waktu. Sebaiknya sebagai praktikan tidak harus terpaku dengan yang namanya laporan atau mengerahkan segala waktu hanya untuk mengerjakan laporan. Tidak seharusnya pula sebagai praktikum bersikap demikian, apalagi sampai tidak kuliah hanya untuk mengerjakan lapora. Hal ini bukan akan menyalesaikan kegalauan malah akan menambah masalah saat ketinggalan materi  dari dosen. Jadi sebaiknya tidak mendahulukan suatu pekerjaan jika pekerjaan yang lain yang lebih penting harus dikorbankan.

No comments